Pesantren Silahul Ulum Pati

Pesantren Silahul Ulum Pati

Profil
Semula di Desa Asempapan sudah berdiri Madrasah Diniyah yang status hukumnya masih menggabung dengan YPRU Guyangan dan masuk sore, dalam kurun waktu ± 10 tahun berubah menjadi Madrasah Ibtidaiyah dan masuk pagi. Berjalan 10 tahun mengingat anak-anak yang setelah tamat MI banyak yang tidak melanjutkan, karena pendidikan yang lebih tinggi agak jauh disamping latar belakang ekonomi yang kurang mampu, maka atas dorongan masyarakat yang mencintai pendidikan formal yang berbasis agama dan melihat keadaan yang sangat memprihatinkan karenan banyaknya anak yang putus sekolah tersebut.

Maka pengurus Madrasah pada saat itu merasa terketuk hatinya untuk mendirikan jenjang Madrasah yang lebih tinggi dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah, akhirnya bertekadlah para pengurus Marasah untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah yang namanya di samakan dengan jenjang Ibtidaiyah. Akhirnya berdirilah Madrasah Tsanawiyah Silahul Ulum tepatnya pada tahun 1980.
Adapun tokoh-tokoh pendiri MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati yang saat itu juga masuk dalam kepengurusan Madrasah Ibtidaiyah Silahul Ulum antara lain :
1. K.H. Abdur Rohman
2. K.H. Ahmad Fadlil
3. K.H. Ali Arifin
4. K.H. Sukron Hasan
5. K.H. Masykur
6. K. Syamsuri
7. K. Suyuti
8. K. Sudiran
9. Sahal Mahmudi
10. Abdul Hamid

Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang ikut dalam pendirian MTs Silahul Ulum. Sesuai dengan keputusan rapat pada saat itu, maka diputuskan K. Syukron hasan sebagai kepala Madrasah Tsanawiyah Silahul Ulum Asempapan yang pertama. Kepemimpinan K.H. Syukron Hasan berjalan selama tiga tahun, dan sebagai penggantinya diangkatlah bapak Masyhadi yang pada saat itu berstatus sebagai guru mata pelajaran. Pengangkatan kepala MTs Silahul Ulum Asempapan yang kedua ini berjalan sampai sekarang.

Setelah melalui perjuangan yang sungguh-sungguh, akhirnya diperoleh hasil, yaitu mendapat legalisasi dari Departemen Agama RI propinsi Jawa Tengah nomor : WK/5.C/PP.003.1/3420/1994, tertanggal 24 Nopember 1994 dengan status diakui. Pada perkembangan selanjutnya dengan berkat kepercayaan dari masyarakat sekitarnya, maka MTs Silahul Ulum asempapan mendapat pengakuan dari Departemen Agama Republik Indonesia Propinsi Jawa Tengah nomor : WK/5.C/PP.005/733/9 tertanggal 4 Maret 1999 dengan status diakui lewat akreditasi.

Dan dengan gigihnya para pengurus serta kepala Madrasah Tsanawiyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati dalam mengikuti Akreditasi masal yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Madrasah dengan mendapat peringkat terakreditasi B dengan nomor : KW.11.4/4/PP.03.2/624.18.12/2005 tertanggal 18 April 2005.

MISI SILAHUL ULUM
1. Melaksanakan perintah agama serta aktif sehingga tercipta generasi yang beriman, bertakwa dan ber ahklak yang mulia.
2. Melaksanakan bembelajaran dan bimbingan secar aktif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3. Menumbuhkan semangat kompetitif inofatif agar mamapu bersaing dengan sekolah lain.
4. Menumbuhkan berfikircera logis sehingga tercipta siswa yang mamapu memecahkan masalah, serta mamapu berkomunikasi melalui berbagai media.
5. mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi diri nya, sehingga berkembang lebih optimal.
6. menerapkan system majemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga, sekolah, masyarakat dan komite sekolah.

VISI SILAHUL ULUM
Mengingat perkembangan ilmu pengetahuan danteknologi yang dicapai, era globalisasi yang sangat berpengaruh pada moral daperilaku manusia, era AFTA yang semakin menuntut bahasa inggris se bagai sarana komunikasi dan semakin sadar serta pahamnya orang tua akan pentingnya pendidikan yang berkualitas , agamis, apalagi adanya krisis moral, ulama, kepemimpinan, serta dangkalnya generasi muda akan pengetahuan agama maka realitas tersebut direspon dengan visinya “untuk memepersiapkan generasi muda yang bertakwa kepada Allah, mandiri, cerdas terampil beramal dan ber akhlakul karimah.

Pendidikan
Formal:
1. MI
2. MTs
3. MA
4. RA/TK
5. PAUD

Informal:
1. Kepesantrenan
2. Madrasah Diniyah
3. Tahfidz, Takhasus Al Qur'an

Fasilitas
Masjid, pesantren, asrama, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, aula, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, praktekum bengkel, gedung teater, minimarket, lap. futsal, lap. volley, lap. basket, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Jalan Juwana Tayu Km. 8, Asempapan, Trangkil, Asempapan, Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59153
 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Alumni Pesantren Silahul Ulum Pati