Universitas Alma Ata Bantul, Yogyakarta

Universitas Alma Ata Bantul, Yogyakarta

PROFIL
Universitas Alma Ata adalah salah satu kampus di Indonesia. Alma Ata lahir sebagai tanggapan para cendekiawan muslim dan para ulama dilingkungan pondok pesantren yayasan Ali Masduki dan yayasan Ali Maksum terhadap perkembangan zaman, kecenderungan perubahan peradaban, pola hidup dan perilaku manusia dewasa ini dan merupakan bagian dari refleksi tanggung jawab moral keagamaan untuk membuktikan bahwa “Islam is always suitable anytime and anywhere” bahwa ”Islam sholichun fi kulli zaman wa makan” (Renstra Perguruan Tinggi Alma Ata, 2009-2013).

 
Pada awalnya Perguruan tinggi Alma Ata di bawah Yayasan Alma Ata berbentuk  STIKES dan STIA Alma Ata. STIKES Alma Ata diselenggarakan sejak tahun 2006 dengan landasan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 108/D/O/2006, dan dilengkapi dengan Rekomendasi Gubernur DIY No. 421.4/2408, Rekomendasi Kepala Badan PPSDM Departemen Kesehatan RI No. HK.03.2.4.1.02458 (untuk Program Studi D3 Kebidanan) dan No. HK.03.2.4.1.02459 (untuk Program Studi S1 Ilmu Keperawatan). Sedangkan STIA Alma Ata diselenggarakan pada tahun 2007 berdasarkan SK KEMENAG RI No. Dj.I/220.D/2007 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Alma Ata Yogyakarta.
 
Seiring waktu dan kebutuhan masyarakat, pada tahun 2015 Perguruan Tinggi Alma Ata resmi menjadi Universitas dengan nama Universitas Alma Ata dengan SK Menristekdikti RI No.155/KPT/I/2016 berlaku 21 Desember 2015.
 
Sebagai institusi pendidikan yang terus berkembang dan bergerak maju, Universitas Alma Ata senantiasa berusaha mewujudkan visi dan misi kami sebagai universitas yang unggul, mandiri, dan dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai ajaran Islam serta mengabdi untuk umat.
 
Dengan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas melalui SK Kemenristek No.194/KPT/I/2015 Universitas Alma Ata berfokus pada 3 pilar penggerak kemajuan bangsa yaitu kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan, serta teknologi informasi sebagai syarat penting bagi masyarakat untuk dapat terus berinovasi dan bergerak maju menuju masyarakat global.

PRODI
Fakulas Ilmu-Ilmu Kesehatan
1. D3 Kebidanan
2. S1 Ilmu Keperawatan
3. S1 Ilmu Gizi
4. S1 Administrasi Rumah Sakit
5. S1 Farmasi
6. Profesi Ners
Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan
1. S1 Pendidikan Agama Islam
2. S1 Pendidikan Guru MI/SD
3. S1 Pendidikan Guru SD
4. S1 Pendidikan Matematika
Fakutlas Ekonomi dan Bisnis
1. S1 Ekonomi Syariah
2. S1 Perbankan Syariah
3. S1 Manajemen
4. S1 Akuntansi
Fakultas Ilmu Komputer
1. S1 Sistem Informasi
2. S1 Teknik Informatika
FASILITAS
RUANG TEATER DAN RUANG KELAS
Kampus Alma Ata dilengkapi dengan fasilitas perkuliahan antara lain:ruang kelas ber- AC , LCD proyektor, dan perlengkapan multimedia. Selain itu juga ruang teater yang nyaman dapat digunakan untuk kuliah umum, seminar, dan workshop
RUANG TUTORIAL / DISKUSI
Alma Ata  menyediakan fasilitas ruang tutorial untuk mendukung metode pembelajaran student learning center (SCL). Ruang ini dilengkapi dengan AC, TV LED,  proyektor, dan internet. Mahasiswa dapat menggunakan ruang tutorial ini untuk diskusi antara sesama mahasiswa ataupun dengan dosen.
LABORATORIUM
Alma Ata menyediakan Laboratorium lengkap guna menunjang praktikum mahasiswa, antara lain:
1. Laboratorium komputer dan bahasa
2. Laboratorium multimedia
3. Laboratorium farmasi
4. Laboratorium untuk praktik keperawatan
PERPUSTAKAAN
Perpustakaan adalah sarana penting bagi mahasiswa menggali ilmu pengetahuan lebih dalam. Perpustakaan Alma Ata dilengkapi dengan koleksi textbook, buku-buku populer, jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional dan fasilitas penunjang lainnya antara lain:
1.Komputer untuk mencari koleksi buku dan jurnal secara online.
2.Meja untuk diskusi
GREENLAND HOTSPOT AREA
Kampus Alma Ata berkonsep green campus, yaitu kampus dengan suasana ruang terbuka hijau nan rindang, dilengkapi  jaringan wi-fi  dengan kecepatan akses tinggi, dan nyaman untuk diskusi.
ANJUNGAN MAHASISWA
Anjungan Mahasiswa merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengisi kartu rencana studi  secara online, mengakses portal sistem informasi akademik, dan mengakses e-library. Anjungan Mahasiswa ini terletak di setiap sudut kampus dan dapat digunakan secara bebas oleh setiap mahasiswa.
ASRAMA DAN PONDOK PESANTREN MAHASISWA
Asrama dan pondok pesantren merupakan fasilitas bagi mahasiswa  yang hendak menimba ilmu dunia sekaligus memperdalam ilmu keislaman.
AAMC
Alma Ata dilengkapi dengan klinik medis bagi mahasiswa dan dosen
FOOD POINT LIFE
Food Point Life adalah kantin bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan. Kantin diatas kolam ikan air tawar ini menghadirkan suasana santai dan nyaman. Berbagai menu makanan berat, snack, dan aneka minuman dapat dibeli dengan harga terjangkau sesuai kantong mahasiswa.
ALAMAT
Jl. Brawijaya 99, Yogyakarta 55183.
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungiTelp : (0274) 434 2288,(0274) 434 2270.
https://almaata.ac.id/  dan Email : uaa@almaata.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi
 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Universitas Alma Ata Bantul, Yogyakarta