Pesantren An Nur Bantul

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren An Nur Bantul

Profil

Pondok Pesantren An Nur, adalah lembaga di bawah naungan Yayasan Al Ma’had An Nur. Didirikan oleh KH. Nawawi Abdul Aziz pada tahun 1978 M. Terletak di Dusun Ngrukem Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampai sekarang, Pondok Pesantren An Nur telah mengalami perkembangan pesat. Dan setelah beliau wafat, estafet kepemimpinan diteruskan oleh putra-putri beliau.

Jumlah seluruh santri mukim hingga 2021 sebanyak 2646 santri. Terbagi menjadi 740 santri Komplek Pusat Putra, 736 santri Komplek Pusat Putri, 397 santri di Komplek Khodijah, 437 santri di Komplek Maghfiroh, 147 santri di Komplek Nurul Huda, dan 189 santri di Komplek At Tarik.

Komplek Pusat putra memiliki 10 komplek kecil, meliputi: Al A’la, Al Ma’wa, Al Firdaus, As Salam, Al Aqsho, MAK, An Naim, Al Qoror, Al Mabruk, Al A’raf. dan Al Madinah. Sedangkan komplek pusat putri mempunyai 9 komplek kecil: Al Hikmah, Al Jadidah, Ar Roudloh, Al Jannah, Al Aziziyah, An Nameera, As Shofa, Al Marwa, dan An Nisa. Komplek pusat diasuh oleh K.H Muslim Nawawi didampingi Ny. Hj. Lilik Nur Kholida, K.H. ‘Ashim Nawawi bersama Ny.Hj. Farhah, K.H Mukti Nawawi dengan Ny. Hj. Thoyyibatus Sariroh, dan Ny. Hj. Zumrotun

Beranjak ke Komplek Khodijah, komplek yang berdempetan dengan madrasah. Kini, Komplek Khodijah telah berkembang menjadi 3 komplek kecil. Khodijah 1 (Pusat) diasuh oleh Ny. Hj. Umi Azizah, putri ke-7 dari KH. Nawawi Abdul Aziz. Sedang Khodijah 2 sampai 4 diampu oleh putra-putri Ny. Hj. Umi Azizah. Khodijah 2 diampu oleh Agus Izzatu Muhammad, SHI. Khodijah 3 diampu oleh Dr. Khoirun Ni’at, Lc MA. Dan Khodijah 4 diampu oleh Agus Mahrus Asmu’i S. Pd. I.

Selanjutnya komplek paling timur: Komplek Maghfiroh dan Komplek Nurul Huda, yang diasuh oleh putra kedua dari K.H. Nawawi Abdul Aziz: K.H. Yasin Nawawi bersama istrinya Ny. Hj. Luailik Muti’ah.  Dua komplek dengan jumlah santri mahasiswa terbanyak dibanding komplek lain. Sehingga, dua komplek ini memiliki jadwal yang sedikit berbeda dari komplek lainnya. Kegiatan diperbanyak kajian kitab kuning, yang diampu oleh Agus Muhammad Rumazijat, S. Pd.I.

Terakhir, Komplek At Tarik. Komplek kategori anak-anak. Berada di sebelah barat makam K.H. Nawawi Abdul Aziz dan Ny. Hj. Walidah Munawir. Komplek ini baru dirintis 6 tahun. Tetapi para santri telah menorehkan berbagai prestasi, khususnya di bidang Tahfizul Qur’an.

Program unggulan Pondok Pesantren An Nur adalah Tahfizul Qur’an. Dilengkapi dengan Qira’ah Sab’ah, mengaji Al-Qur’an secara Binazar dan kajian Kitab Kuning. Di samping itu, ada kegiatan ekstrakurikuler dengan  11 pilihan. Ektrakurikuler Hadroh adalah ekstrakurikuler favorit santri. Ada Olah Vokal, Tilawah, Kaligrafi, Public Speaking, Puisi, Jurnalistik, Sepak Bola, Voli, Desain Grafis, dan Fotografi.

Sejarah

Pondok Pesantren An Nur mengalami proses yang sangat panjang yang dimulai pada tahun 1960 M. Beliau ( Bapak KH. Nawawi Abdul Aziz ) dipercaya untuk menjabat ketua Pengadilan Agama Kab. Bantul, kemudian sejak bertugas di PA Bantul, beliau mengetahui secara persis tentang kehidupan keagamaan di wilayah Bantul, dimana kondisi pada saat itu masih memprihatinkan. Melihat kenyataan yang demikian.

Beliau merasa sudah saatnyalah mengamalkan dan mengajarkan Ilmu yang pernah didapat dari tempaan Pondok-Pondok Pesantren yang pernah Beliau terima kepada masyarakat, sehingga pada tahun 1964 M,  dengan tekat yang bulat dan mantap Beliau pindah ke dusun Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta yang didampingi oleh Istri Beliau ( Ibu Nyai. Walidah Munawwir ) dan Putra pertama Beliau ( ‘Ashim Nawawi ).

Walaupun Beliau dan keluarga hanya menempati sebuah rumah yang berukuran 7×5 m milik Al Marhum Bapak KH. Abdul Aziz, Beliau tetap semangat dan Ikhlas dalam mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat, sehingga dalam waktu yang singkat Beliau telah mampu menarik hati masyarakat. Pada tahun tersebut, Beliau mulai merintis pengajian-pengajian baik yang bersifat kuliah umum, sorogan, bandungan maupun klasikal.

Pengajian/Kuliah umum diselenggarakan setiap senin malam yang sampai saat ini masih berjalan dan dikenal dengan sebutan pengajian “malam selasan” dan setiap jumat pagi. Sedangkan setiap subuh diadakan pengajian dengan sistim sorogan dan klasikal dengan materi Al Qur’an. sedangkan pada malam hari berlangsung kegiatan belajar di Madrasah Diniyah yang dulu bernama Madrasah Lailiyah Salafiyah An Nur yang sejak tahun 1976 pengelolaannya diserahkan kepada Bapak KH. Khudlori Abdul Aziz, santri Beliau yang merupakan putra asli Dusun Ngrukem.

Seiring dengan bergeraknya waktu, santri yang datang juga semakin banyak sehingga sangatlah perlu untuk membangun asrama bagi semua santri yang ada. Maka dengan segenap kemampuan yang dimiliki, dan atas dukungan dari masyarakat yang dipelopori oleh Al Marhum bapak KH. Anwar, dibangunlah asrama pondok Pesantren An Nur dengan beberapa lokal.

Periode Pertumbuhan

Berhubung kebanyakan santri yang datang pada saat itu adalah putri maka yang pertama dibangun adalah asrama bagi santri putri. Pada hari Ahad Pon tanggal 18 April 1976 M diadakanlah rapat antara Bapak KH. Nawawi Abdul Aziz, KH Ahmad Badawi Kholil dan Para Sesepuh untuk membahas pembangunan tersebut.

Kemudian pada hari Ahad tanggal 12 September 1976 M yang bertepatan dengan 17 Romadlon 1396 H dimulailah pembangunan tersebut yang akhirnya selesai pada bulan April 1978 M, dan sejak saat itulah secara resmi Pondok Pesantren An Nur Berdiri. Selang beberapa waktu, jumlah santri putra sudah bertambah banyak sehingga dibangunlah dua kamar (yang sekarang telah dibongkar dan diganti dengan asrama yang baru berlantai tiga).

Periode Perkembangan

Dari hari ke hari jumlah santri yang belajar di sini mengalami peningaktan pesat, sehingga dibutuhkan terobosan-terobosan yang baru untuk mengimbangi jumlah santri yang terus bertambah sehingga terciptalah suasana belajar yang kondusif yang pada akhirnya, proses transformasi ilmu Agama dapat berjalan dengan lancar.

Wahana pendidikan ini semakin lama semakin dikenal oleh masyarakat sehingga tidaklah mengherankan jika dalam waktu tiga tahun, santri yang belajar di Pondok ini telah mencapai 300 orang yang 70 persennya adalah penghafal Al Qur’an. Pada tahun tersebut juga dibangun asrama santri putra berlantai tiga dengan 18 kamar yang dilengkapi dengan Musholla, dapur, sumur kamar mandi dan wc, perpustakaan serta aula.

Keadaan tersebut terus maju dengan dinamis dan berkesinambungan. Sampai saat ini, Pondok Pesantren An Nur telah berbenah diri dengan fasilitas yang memadai. Hal tersebut sangatlah mendukung bagi tercapainya tujuan utama Pondok Pesantren An Nur yaitu :

  1.     Mencetak generasi Huffadzul Qur’an yang mampu menjunjung tinggi warisan Nabi serta mengamalkannya.
  2.     Membangun kemampuan santri yang berjiwa IMTAQ dan berwawasan IPTEK.
  3.     Membangun santri yang berakhlaqul karimah, bertaqwa, bermental kuat dan bertanggungjawab.

Sebagai pemenuhan kebutuhan primer santri atas sarana dan prasarana serta sebagai mediator demi tercapainya tujuan tersebut di atas, Pondok Pesantren An Nur selalu berusaha terus untuk membangun, merenovasi dan menambah lokal yang telah ada. Hingga saat ini, Lembaga Pendidikan yang bernaung dibawah Yayasan Al Ma’had An Nur antara lain :

  1.     Madrasah Diniyah Al Furqon ( 1989 M )
  2.     Taman Pendidikan Al Qur’an ( T P Q ) ( 1994 M )
  3.     Madrasah Tsanawiyah ( M Ts ) ( 1994 M )
  4.     Madrasah ‘Aliyah Umum ( M A U ) / IPS dan IPA ( 1997 M )
  5.     Madrasah ‘Aliyah Keagamaan ( M A K ) / PK  ( 1999 M )
  6.     Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an ( S T I Q ) An Nur,  ( 2002 M ). Kini, telah berubah menjadi Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) An Nur, dengan Program Studi S1: Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ilmu Hadis (ILHA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ekonomi Syari’ah (ES), dan Perbankan Syari’ah (PS).
  7.     Madrasah Ibtidaiyah (MI) (2016 M)

Pendiri
KH. Nawawi Abdul Aziz

Pengasuh

1. KH. Nawawi Abdul Aziz
2. KH. Muslim Nawawi
3. Ny. Hj. Lilik Nur Kholida
4. KH. ‘Ashim Nawawi
5. Ny.Hj. Farhah
6. KH. Mukti Nawawi
7. Ny. Hj. Thoyyibatus Sariroh
8. Ny. Hj. Zumrotun
9. Ny. Hj. Umi Azizah
10. Agus Izzatu Muhammad, SH
11. Dr. Khoirun Ni’at, Lc MA.
12. Agus Mahrus Asmu’i S. Pd. I.
13. KH. Yasin Nawawi
14. Ny. Hj. Luailik Muti’ah
15. Agus Muhammad Rumazijat, S. Pd.I.

Pendidikan

Lembaga Pendidikan Formal 
1. Madrasah Tsanawiyah
2. Madrasah ‘Aliyah Umum
3. Madrasah ‘Aliyah Keagamaan
4. Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) An Nur
5. Madrasah Ibtidaiyah


Non Formal
1. Tahfidzul Quran + Qiro’ah Sab’ah
2. Taman Pendidikan Al Qur’an
3. Madrasah Diniyah Salafiyah Al Furqon
4. Majlis Ta’lim Ahad Pon Ciri Khas
5. Tahfidzul Qur’an

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Olah Vokal
  2. Tilawah
  3. Kaligrafi
  4. Hadrah
  5. Qasidah
  6. Pramuka
  7. TIK
  8. Karya Tulis
  9. Public Speaking
  10. Puisi
  11. Jurnalistik
  12. Pencak silat Pagar Nusa
  13. Sepak Bola
  14. Voli
  15. Desain Grafis
  16. Fotografi.


Pengajian rutin di pesantren An Nur


Hadrah di pesantren An Nur

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Asrama santri
2. Kamar mandi dan mck
3. Ruang Kantor (putra dan putri)
4. Musholla (putra dan putri)
5. Ruang belajar
6. Aula (gedung serba guna)
7. Ruang tamu (putra dan putrid)
8. Gedung perpstakaan
9. Mini market dan wartel
10. Kantin dan koperasi
11. Rental computer
12. Ruang menjahit


Gedung pesantren di pesantren An Nur


Gedung pesantren di pesantren An Nur

Alamat

Ngrukem Bantul, Pendowoharjo, Sewon, 55186, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon: (0274) 6994262, 6469019, 0813-8434-4448
Email: admin@annurngrukem.com
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi:  https://annurngrukem.com

 

 

 

 

 

 

 

 
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.