Keutamaan Rutin Membaca Surat Waqiah

 
Keutamaan Rutin Membaca Surat Waqiah
Sumber Gambar: elwatannews.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap manusia dianjurkan untuk berikhtiar dalam melakukan sesuatu. Ikhtiar itu berarti berusaha. Ranah ikhtiar mencakup usaha lahir dan batin. Karena memang manusia tidak bisa terlepas dari dua dimensi tersebut.

Usaha lahir meniscayakan agar melakukan hal-hal yang mengarah pada tercapaianya sesuatu secara kasat mata. Sedangkan usaha batin, berupa doa yang dihubungkan langsung dengan Tuhan Yang Maha Menghendaki segala sesuatu. Jadi, kehendak baik kita untuk mendapatkan sesuatu dengan melakukan hal-hal yang mendukungnya, dihubungkan langsung melalui doa itu kepada Dzat Yang Maha Menghendaki. Sehingga, diharapkan dapatlah tercapai segala hajat baik itu.

Jadi setelah melakukan sesuatu dengan usaha lahir, maka sepatutnya kita mengiringinya dengan doa atau amalan batin yang sesuai syariat. Jika ingin rezeki dilancarkan, dalam hal ini, doa atau amalan yang dimaksud adalah membaca secara rutin Surat Waqiah.

Banyak ditemukan keterangan tentang keutamaan membaca Surat Waqiah dalam hal jalbur rizqi (penarik rezeki). Memang beberapa keutamaan membaca Surat Waqiah terdapat dalam Hadis yang dhaif, namun hal ini tetap boleh diamalkan sebagaimana pandangan banyak ulama.

Berdasarkan Hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud berikut ini:

ﻣَﻦْ ﻗَﺮَﺃَ ﺳُﻮْﺭَﺓَ اﻟْﻮَاﻗِﻌَﺔِ ﻓِﻰ ﻛُﻞِّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ﻟَﻢْ ﺗُﺼِﺒْﻪُ ﻓَﺎﻗَﺔٌ ﺃَﺑَﺪًا

"Barang siapa membaca Surat Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan miskin seterusnya." (HR. Al-Baihaqi)

Berdasarkan Hadis yang diriwayatkan dari Anas berikut ini:

ﺳُﻮْﺭَﺓُ اﻟْﻮَاﻗِﻌَﺔِ ﺳُﻮْﺭَﺓُ اﻟْﻐِﻨَﻰ ﻓَﺎﻗْﺮَﺅُﻭْﻫَﺎ ﻭَﻋَﻠِّﻤُﻮْﻫَﺎ ﺃَﻭْﻻَﺩَﻛُﻢْ

"Surat Waqiah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkan kepada anak-anak kalian." (HR. Ibnu Marduwaih)

Jadi, termasuk salah satu ikhtiar agar rezeki kita dilancarkan adalah dengan rutin membaca Surat Waqiah setiap hari, khususnya malam hari sebagaimana keterangan Hadis di atas. Amalan yang demikian itu juga sering ditemukan telah dilakukan oleh banyak kyai di Nusantara dan terbukti mujarab. 

Tapi, sekali lagi tidak boleh dilupakan bahwa ikhtiar dalam menginginkan sesuatu itu juga harus seimbang dibarengi antara usaha lahir dan batinnya. Dengan kata lain, jika ingin rezekinya lancar, maka selain membaca Surat Waqiah, kita juga harus ikhtiar dalam bekerja mengai rezeki. Lalu, semuanya dipasrahkan kepada Allah SWT. 

Semoga bermanfaat. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 02 April 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Ustadz Ma'ruf Khozin

Editor: Hakim