Gunung Everest Kembali Menelan Korban 10 Orang dalam Pendakian Bulan Ini

Gunung Everest Kembali Menelan Korban 10 Orang dalam Pendakian Bulan Ini

LADUNI.ID, Kathmandu - Dalam bulan ini korban tewas dalam aktivitas pendakian gunung Everest telah mencapai 10 orang. Salah satunya korban terbaru yaitu seorang asal Inggris, Robert Haynes Fisher (44). Ia terjatuh dan meninggal ditempat dalam perjalanan kembali dari puncak Everest tepatnya di jalur 150 meter dibawah puncak. 

Terkait hal tersebut, perusahaan ekspedisi, Murari Sharma menjelaskan bahwa pemandu mereka, Jangbu, telah mencoba berusaha memberikan pertolongan dengan membangunkannya serta mengganti botol oksigen juga memberinya air minum tetapi tidak ada tanggapan. 

Seperti dilansir dari Sky News, Minggu (26/5/2019) Sharma mengatakan " para pendaki beranggotakan enam orang tersebut dipimpin oleh Dani Fuller telah mencapai puncak sekitar pukul 8.30 pagi dan merupakan salah satu dari 41 tim yang memiliki izin mendaki musim semi kali ini yang berakhir bulan ini.

Sebelumnya warga Irlandia Kevin Hynes (56) meninggal di tendanya pada dini hari Jumat di ketinggian 7.000 meter setelah terjatuh ketika turun dari puncak. Ayah dua anak itu telah mengirim sms kepada teman-teman sehari sebelum terjatuh untuk mengatakan bahwa ekspedisi itu "membuktikan kesenangan yang paling ia miliki.

Meskipun pendakian tersebut sering memakan korban, namun tetap saja banyak orang yang tertarik untuk mendakinya, Everest telah menjadi ambisi yang serius yang didukung oleh sejumlah perusahaan trekking dengan menawarkan bantuan bagi para pendaki untuk mencapai tujuannya dalam mencapai titik tertinggi di bumi, sehingga hal ini tidak lagi terbatas pada pendaki gunung profesional saja. 

Sementara itu, banyak juga pihak yang menyarankan agar pemerintah Nepal dan Tibet/China perlu membatasi jumlah pendaki di gunung tersebut setiaptahunnya karena telah banyak memakan korban.