Depresi Karena Putus Cinta, Apa Obatnya?

Depresi Karena Putus Cinta, Apa Obatnya?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, mau konsultasi nih. Saya punya teman perempuan, dia baru saja putus cinta. Setelah putus cinta, dia sering menangis, murung, tidak nafsu makan, menyendiri, tidak bersemangat dan tidak bisa tidur.

Bawaannya sedih dan nangis melulu. Bahkan orang tuanya pun sampai kewalahan membujuknya. Apa yang bisa saya lakukan untuk membantunya move on dan ceria kembali ya mbak ? Saya menyampaikan terima kasih atas saran - sarannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Giska di Kudus

Tanggapan
Wa’alaikumsalam wr wb.
Halo Giska yang baik, respek sekali dengan sikap kamu yang perhatian saat temanmu sedang bersedih. Giska, patah hati dapat dialami siapa saja namun kemampuan seseorang untuk mengelola emosinya agar tidak terjadi depresi berbeda-beda. Saat ini, temanmu sedang mengalami depresi karena patah hati.

Depresi memiliki tingkat ringan sampai sedang. Saat stress karena patah hati, produksi hormon kortisol meningkat. Hormon kortisol berfungsi mengendalikan stress yang dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cidera, aktivitas berat, baik fisik ataupun psikologis.

Giska bisa menghibur teman yang patah hati dengan melakukan beberapa hal berikut ini :
1. Bantu teman melewati kesedihannya
Bantulah temanmu untuk menerima kenyataan dan meluapkan rasa sedihnya. Jika perlu untuk menangis, maka biarkan ia menangis. Meluapkan emosi membuat temanmu menjadi lebih lega. Ingatkan bahwa ini adalah hal yang harus dia lalui. Ingatkan pula bahwa masa depannya masih panjang.

2. Ajak teman untuk olah raga atau aktivitas positif
Lari pagi atau jalan sehat di pagi hari baik dilakukan untuk mengatasi stress. Sebuah penelitian menunjukkan jika latihan kardiovaskular sangat baik dilakukan untuk mengatasi kecemasan dan depresi ringan sampai sedang sebagai anti depresan. Selain itu ajak serta temanmu dalam kegiatan – kegiatan positif, seperti bakti sosial. Melakukan banyak aktivitas positif membantu temanmu untuk melupakan kesedihannya dan menumbuhkan rasa syukur pada diri temanmu tersebut. Rasa syukur memiliki kekuatan untuk membangkitkan energy, sehingga membuat temanmu lebih cepat move on.

3.  Ingatkan teman untuk tidak stalking medsos mantan
Temanmu masih stalking medsos mantan ? Memandangi postingan mantan, hanya akan membuat luka hati menjadi meradang kembali. Hal ini mengakibatkan memburuknya depresi. Ingatkan temanmu untuk berhenti stalking medsos mantan dan menyaring medsos hanya untuk berita-berita yang memberikan semangat.

4. Kunjungi terapis
Nah, kapan depresi karena putus cinta membutuhkan pertolongan psikologis ? Jawabannya adalah ketika rasa sedih terus menghantui setiap saat dan di semua aktivitas yang dilakukan. Walaupun sudah berusaha melakukan sesuatu, namun perasaan hati tidak kunjung membaik. Jika hal ini terjadi pada temanmu, jangan ragu untuk mengajaknya berkonsultasi pada psikolog.

Ingatlah untuk selalu berkhusnudzon kepada Allah SWT. Mungkin mantan pacar teman kita bukan orang baik untuk teman kita, atau agar dihindarkan dari perbuatan maksiat.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Baqarah ayat 216 yang artinya :
 “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216).

Percayalah dalam setiap musibah selalu ada pelajaran yang dapat kita ambil dan balasan Allah SWT pasti lebih baik untuk setiap hambanya yang bersabar.

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun