Penyebab Terjangkitnya Demam Tifoid

 
Penyebab Terjangkitnya Demam Tifoid

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, demam Tifoid (penyakit tifus) adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang menginfeksi tubuh manusia. Biasanya, penyakit ini sering menyerang kelompok usia 5 sampai 30 tahun dengan masa inkubasi mulai dari 3 hingga 60 hari. Diketahui, penyakit ini erat kaitannya dengan masalah kebersihan lingkungan yang buruk serta ketersediaan air bersih. Oleh karena itu, banyak kasus penderita penyakit ini adalah anak-anak dan remaja.

Adapun penyebab utama penularan demam tifoid adalah dari konsumsi makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Hal ini dikarenakan bakteri pembawa penyakit ini banyak menempel pada kotoran yang terdapat pada lalat dan seringkali menghinggapi makanan. Kemudian kotoran yang masuk langsung ke bagian mulut dan menuju ke pencernaan atau bahasa medisnya dikenal sebagai, fekal-oral. Penyebab lainnya ialah konsumsi air yang tidak diproses terlebih dahulu sehingga mengandung banyak bakteri.

Mengenai gejalanya, penyakit tersebut memiliki gejala bervariasi pada penderitanya. Gejala tersebut di awali dengan demam yang tidak kunjung turun selama 7 hari, yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri Salmonella Typhi. Saat demam, seseorang akan diserang rasa nyeri di seluruh tubuh, lemas, mual, dan lain-lain.

Selain itu, demam tifoid menjadi salah satu masalah penyakit serius dan memerlukan penanganan yang serius juga di sejumlah negara berkembang. Di Indonesia, sekitar 100.000 orang menderita demam tifoid setiap tahunnya. 

Oleh karena demikian, agar terhindar dari demam tifoid, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan serta konsumsi makanan sehari-hari agar selalu higienis.Jika seseorang sudah terlanjur terjangkit demam tersebut, segeralah ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan minta lakukan vaksinasi tifoid.