Sejumlah Faktor Pemicu Kanker Usus pada Seseorang

 
Sejumlah Faktor Pemicu Kanker Usus pada Seseorang

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, Kanker Usus merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Bahkan penyakit ini termasuk dalam tiga kategori besar kasus kanker yang mencuat di negara ini. Penyakit kanker ini pun ternyata tidak memandang usia dan bisa diderita oleh siapapun karena beberapa faktor penyebab.

"Gaya hidup menjadi salah satu penyebab kenapa kanker usus besar tetap bertahan sebagai penyebab utama kematian dan angka kejadian terus meningkat di tengah masyarakat, Beberapa kasus baru bahkan dialami pasien yang berusia lebih muda." terang Ari Fahrial Syam, yang merupakan salah seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Lebih lanjut, dokter Ari Fahrial Syam yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menambahkan, bahwa terdapat sejumlah penyebab timbulnya kanker usus besar di masyarakat saat ini. Berikut penjelasannya :

1. Faktor Konsumsi Daging Merah dan Olahan dalam jumlah banyak

Diketahui, pola makan yang tinggi terhadap daging merah, daging olahan, bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus besar. Terlebih jika  tidak  diimbangi oleh konsumsi sayur dan buah. Berbagai penelitian di Indonesia telah menegaskan temuan ini.

 "Anjuran untuk mengontrol berat badan dengan konsumsi daging merah yang berlebihan dan tidak konsumsi buah karena mengandung karbohidrat merupakan anjuran yang menyesatkan" ungkapnya.

2. Faktor Rokok (perokok pasif)

Ternyata, asap yang ditimbulkan oleh para perokok sangat berbahaya bagi orang yang berada di dekatnya atau sering disebut sebagai perokok pasif. Apalagi di negara kita Indonesia masih banyak dijumpai para perokok hampir disetiap tempat.  Dibandingkan kota-kota lain di negara maju, jelas sangat berbeda dan kita masih jauh tertinggal dalam hal ini.

3. Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu faktor risiko yang harus diantisipasi karena sulit untuk dikendalikan. Beberapa bisa dilihat dari adanya riwayat kanker atau polip usus pada keluarga, riwayat penyakit radang usus kronis sebelumnya, atau riwayat penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

4. Faktor Lain

Fakor lainnya dalam kasus ini adalah dikarenakan oleh kondisi tubuh yang gemuk, kurang bergerak, serta mengkonsumsi alkohol. Namun ini semua bisa diubah  asalkan memiliki niat dan usaha yang kuat dalam menjaga kesehatan.


Semoga Bermanfaat.