BMKG Prediksi Cuaca Ketika Gerhana Bulan 17 Juli

 
BMKG Prediksi Cuaca Ketika Gerhana Bulan 17 Juli

LADUNI.id, JAKARTA - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi cuaca di beberapa kota besar di Indonesia diperkirakan cerah berawan hingga berawan pada dini hari ketika fenomena alam gerhana bulan sebagian atau parsial akan menghiasi langit Indonesia pada dini hari nanti, Rabu (17 /7/2019). 

Gerhana bulan parsial akan lebih jelas terlihat di Indonesia bagian barat, sementara Indonesia bagian timur kemungkinan akan terganggu dengan waktu terbitnya matahari.

Fenomena langka ini akan dapat diamati di seluruh Indonesia. Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG yang dirilis lewat akun Twitter resminya, cuaca di DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Padang, Pangkal Pinang, dan Jayapura diperkirakan cerah berawan pada dini hari nanti. Tingkat tutupan awan di wilayah-wilayah tersebut bervariasi, yakni antara 12%-62 persen.

Sementara, beberapa wilayah lain, cuaca diperkirakan berawan dengan tutupan awan berkisar 75%-87%. Prakiraan cuaca tersebut antara lain terjadi di Banda Aceh, Medan, Palangkaraya, Manado, Palu, Makassar, Kendari, dan Ternate.

Sedangkan cuaca di Pekanbaru, Ambon, dan Sorong, diperkirakan terjadi hujan lokal hingga hujan ringan dengan tutupan awan 75 persen -100 persen.

Bukan hanya itu, beberapa wilayah lainnya, seperti Jambi, Palembang, Semarang, dan Pontianak, diperkirakan akan cerah dengan tutupan awan 0% persen.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), gerhana bulan ini akan dapat diamati mulai pukul 01.43 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 04.30 WIB. Gerhana diperkirakan selesai pada pukul 05.59 WIB. (*)

Sumber : bisnis.com