Demi Kebudayaan, Presiden Jokowi Akan Beri Dana Abadi

 
Demi Kebudayaan, Presiden Jokowi Akan Beri Dana Abadi

LADUNI.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memberikan dana abadi untuk membantu mengembangkan seni budaya Indonesia.

Demikian disampaikan Musisi Yovie Widianto setelah menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

"Jadi kalau itu kan baru akan dimulai tahun depan bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh Bapak Presiden disisihkan," ujar Yovie.

Kendati demikian, Yovie enggan menyebutkan besaran dana abadi yang dijanjikan Jokowi pada tahun 2020 mendatang. Namun yang akan digelontorkan Jokowi, kata Yovie, hampir triliunan.

"Cukup besar tadi kata Presiden, dan kelihatan masih ke pendidikan. Tapi ke depan akan ada kebudayaan. Jadi seperti apa, yang penting ini adalah sebuah, untuk suatu pemerintahan, ada niat seperti ini harus kita sambut baik, karena ini pasti akan membuat semangat para insan kreatif," ucap  Yovie

Pada kesempatan yang sama, presenter Farhan menyambut baik janji Jokowi yang memberikan dana abadi untuk mengembangkan seni dan kebudayaan. Kendati demikian, ia belum mengetahui secara detail mekanisme dana abadi yang dijanjikan Jokowi.

"Dana abadi ini kan dananya lumayan besar tujuannya untuk lembaga pendidikan itu pesan pak presiden tapi memang mekanismenya belum jelas. Karena bagaimanapun juga niat baik harus diikuti dengan cara baik dengan cara pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan," tutur Farhan.

Menurutnya, dirinya tidak hanya mengharapkan gol di akhir dimana kita akan bisa mengharapkan para pekerja seni punya karya terbaik kelas dunia tetapi juga kita punya dasar pengelolan yang baik.

Namun, Ketika ditanya berapa besaran dana abadi, Farhan enggan menjelaskan. Dia mengaku tidak berani membicarakan hal itu.

"Saya nggak berani ngomong. Iya cuman kata presiden jangan bilang bilang, cukup besar," kata Farhan.

Musisi Oppie Andaresta mengatakan Jokowi berjanji akan lebih jor-joran untuk mendukung seni budaya di periode kedua. Jokowi kata Oppie akan memberikan dana abadi.

"Bapak berjanji di periode keduanya ini dia akan semakin all out gitu lho. Betul-betul, dia bilang ada dana abadi untuk kebudayaan. Detil belum dan itu baru tahun datang," kata Oppie.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah artis dan musisi ke Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Sejumlah artis dan musisi yang hadir dalam pertemuan yang berlangsung secara tertutup kurang lebih 2 Jam. Hadir diantaranya Yovie Widianto, Rian D'Masiv, Oppie Andaresta, Farhan, Regina Ivanova, Charles Bonar Sirait, Kamasean, Marcel Siahaan, Sherina Munaf, Mona Ratuliu, Ersa Mayori, Chacha Frederica. (*)

Sumber : suara.com