Pesantren Al Ma'soem Sumedang

Pesantren Al Ma'soem Sumedang

Profil

          Pesantren Siswa Al Ma’soem semula bernama Pesantren Pendidikan Formal, mulai dibangun pada tahun 2000. Berada dibawah naungan badan hukum Yayasan Pendidikan Al ma’soem yang beralamat di Jln. Raya Cipacing No. 22 RT 01 RW 05 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Sumedang.

Komplek yayasan seluas ± 4 hektar yang merupakan jariyah dari almarhum Bapak H. Ma’soem (wafat Syawal 2001), seorang pengusaha muslim sukses asli Jawa Barat, yang didukung sepenuhnya oleh istri dan putera-puterinya. Pada saat itu putera tertua beliau yaitu almarhum Bapa H. Nanang Iskandar Ma’soem (wafat Ramadhan 2014) yang mewakili adik-adiknya merespon dan berjibaku membangun serta membesarkan yayasan sebagai ladang amal. Pembangunan pesantren jauh setelah SMA dan SMP Al Ma’soem. Dimana SMA didirikan tahun 1987, SMP 1988. Adapun biayanya adalah dari dari hasil perusahaan (PT Ma’soem) yang sudah dijalankannya sejak 1971, tanpa ada bantuan dari pihak luar.

 

Pengasuh

  1. H. Nanang Iskandar Ma’soem
  2. KH. Asep Dedi Suhendri

Pendidikan

Pengelompokkan Kelas

  • Ula 1  : Santri siswa kelas VII  SMP
  • Wustho 1: Santri siswa kelas VIII SMP
  • A’la 1 : Santri siswa kelas IX   SMP
  • Ula 2 : Santri siswa kelas X   SMA
  • Wustho 2: Santri siswa kelas XI  SMA
  • A’la 2 : Santri siswa kelas XII SMA

KELAS TAKHOSUS

Kelas Takhosus Tahfidz : Kelompok belajar yang menitik beratkan pada metode penghapalan Al Qur’an Sehingga santri saat lulus dari Al Ma’soem menjadi seorang hafidz dan Hafizoh Al Qur’an
Kelas Takhosus Kitab Kuning : Di PSAM kitab Kuning selain menjadi ekstrakurikuler juga di jadikan kelas khusus untuk mewadahi santri yang ingin memperdalam kitab kuning sehingga saat lulus nanti mampu membaca dan memahaminya sebagai bekal di kehidupannya dimasa yang akan datang .
Kelas Takhosus Basic : Bagi santri yang mbelum lancar dalam membaca Al Qur’an tidak usah takut belajar di PSAM karena dikelas ini santri dibimbing dan diajarkan cara membaca Al Qur’an selain memperlancar dalam bacaan juga benar dalam makhroz dan tajwidnya .

Pendidikan Formal
 
  1. TK Al Ma’soem
  2. SD Al Ma’soem
  3. SMP Al Ma’soem
  4. SMA Al Ma’soem          
  5. Universitas Al Masoem


Pendidikan Non Formal

1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Pesantren Al Ma'soem
 

Ekstrakurikuler


 

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Takhassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. PMR
16. Paskibra
 


 

Fasilitas



 

Di atas lahan seluas 4,5 hektar, terletak di lokasi yang cukup strategis karena berada di kawasan pendidikan (Jatinangor) dan kawasan Industri (Rancaekek) tersedia berbagai fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar, antara lain :

Bangunan/Gedung terdiri dari Kantor Pusat, Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), Gedung PSAM Putri, Ma'soem universitas, LPPS, Akfar dan Kursus, SMA, SMP, dan SD

  1. Penunjang Akademis terdiri dari Laboratorium Bifiki, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer dengan fasilitas internet dan hot spot area, Perpustakaan Referensi, Perpustakaan Divisi  (SD, SMP, SMA, AMIK, Pesantren), Ruang Multi Media, dan Ruang Pertemuan (Meeting Room)
  2. Ruang Kesiswaan/Kemahasiswaan terdiri dari Ruang Osis, Ruang BEM, Balai Serba Guna (BSG)
  3. Sarana Olah Raga terdiri dari Dome (Lapang Futsal dan Mini Soccer) Lapang Voli, Lapang Sepak Bola, Kolam Renang (terpisah laki-laki dan perempuan), Batu terapi, Lapangan sintetis Sd, Lapangan Bulu tangkis, trek lari BSG dan juga Lapangan skate park
  4. Area bermain dan Bersantai terdiri dari Taman burung, Kolam Ikan depan Gedung SMP, Flyng fox dan Games Zone untuk anak
  5. Penunjang Lain seperti Poliklinik, Kantor Kas BPR Syariah Al Ma’soem, Kantor Kas Bank BRI, Mini Market dan Kantin, Warnet, Katering, Konfeksi, Kendaraan Antar Jemput, Bis Wisata, Micro Bus, Ambulance, Jembatan Penyebrangan, Area Parkir Kendaraan bermotor, Kendaraan Operasional Dikdasmen, dan lain-lain.
     

 

Alamat

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor – Sumedang

Telepon: (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –

  : +628112206666


E-mail: info@masoem.com

Kode Pos : 45363

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi:  https://almasoem.sch.id/


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Pesantren Al Ma'soem Sumedang