Mahasiswa KKL 49 IAIN Pontianak Belajar Menganyam Lekar

 
Mahasiswa KKL 49 IAIN Pontianak Belajar Menganyam Lekar

LADUNI.ID, MEMPAWAH - Beberapa mahasiswa Kelompok 49 Kuliah Kerja Lapangan Integratif tahun 2019 yang ditempatkan di Desa Peniti Luar kecamatan Siantan kabupaten Mempawah sangat berantusias membantu sekaligus belajar menganyam Lekar bersama Bu Nursiah, Istri dari Bapak Muhammadiyah, Ketua RT 001/RW 004

Lekar merupakan sebuah kerajinan anyam yang terbuat dari daun Nipah yang digunakan sebagai alas peralatan masak seperti panci, kuali dan pelaratan dapur  lainnya.

Proses pencariannya tidak begitu rumit, menurut Nursiah prosesnya dimulai dari mengambil ke kebun. Daun tersebut sangat mudah ditemukan karena tumbuh liar dan banyak, kemudian dipotong dan dibawanya pulang lalu menunggu kedatangan para peserta KKL yang katanya ingin membantu sambil belajar menganyam bersamanya.

'Kegiatan menganyam bagi kami merupakan kegiatan belajar sambil bermain," ungkap Resty salah satu peserta KKL.

“bikinnya tu agak rumit” keluh Siti salah satu peserta KKL yang mempraktekkan anyaman Lekar.

“iya! Rumit banget aku liatnya” sahut Nurul yang juga merupakan peserta KKL yang cuma melihat teman-temannya menganyam. Mereka merasa bahwa menganyam Lekar merupakan kerajinan anyam yang cukup rumit sebab mereka baru pertama kali mencoba membuatnya.

Terlihat beberapa dari mereka saling membantu satu sama lain dalam mengayam Lekar. “wah, kayaknya butuh tenaga yang cukup kuat ya untuk mengikat anyaman ini” gumam Zia sambil berusaha mengikat anyamannya yang dibantu oleh dua temannya, Kas dan Widya. Mereka sangat bersemangat menganyam walaupun sudah hampir jam sepuluh malam.

Mereka pun pulang ke posko tanpa briefing terlebih dahulu seperti biasanya dan langsung tertidur nyenyak mengumpulkan tenaga untuk kegiatan di hari esok. (Fawzia)