Traveling Wisata Kota Semarang dan Bertawassul di Makam KH Sholeh Darat

Traveling Wisata Kota Semarang dan Bertawassul di Makam KH Sholeh Darat

Sekilas Biografi

KH. Sholeh Darat dilahirkan di desa Kedung Cumpleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sekitar 1820 M. Sedangkan informasi lainnya menyatakan bahwa, Mbah Sholeh Darat lahir di Bangsri, Jepara. Ia wafat di Semarang pada 28 Ramadan 1321 H/18 Desember 1903 M. Penambahan kata “Darat” pada akhir nama beliau disebabkan beliau tinggal di daerah yang bernama Darat, yaitu suatu daerah di pantai utara Semarang, tempat mendarat pelancong dari luar Jawa.

Kini daerah Darat termasuk wilayah Semarang Barat. Penambahan ini adalah sesuatu yang lumrah sebagai ciri khas dari orang-orang yang terkenal di masyarakat. Seperti Mbah Kholil Bangkalan, Syeh Ihsan Jampes, Syeh Nawawi Banten, dan lain-lain

Diantara murid Mbah Sholeh Ndarat yang terlacak untuk sementara ini adalah: KH Hasyim Asy'ari, KH Ahmad Dahlan, KH Amir Idris [ pekalongan ], KH Dahlan Tremas, KH Dimyathi Tremas, KH Dalhar Watucongol [ magelang ], KH Bisri Syansuri [ Jombang ], KH Kholil Lasem, KH Sya'ban semarang, KH Abdus Syakur Senorita Tuban, KH Yasir Jekulo Kudus, KH Thoyib Semen Mranggen Demak.

Haul Mbah Sholeh sudah sejak 1955 digelar setiap 10 Syawal sesuai kesepakatan para Kyai. “Tanggal wafatnya Mbah Sholeh Darat adalah 28 Ramadan 1321 H, tapi para Kyai sepakat acara Haul digelar 10 Syawal.

Peninggalan

Masjid Kiai Sholeh Darat berada di tengah keramaian pasar, tepatnya di Jalan Dadapsari nomor 212, Kelurahan Dadapsari, Semarang Utara. Sepintas, masjid ini memang tidak istimewa. Sama seperti bangunan masjid lainnya.

Namun, siapa sangka masjid ini menyimpan sejarah dari seorang kiai sekaligus guru dari beberapa tokoh ulama sekaligus pahlawan nasional. Kiai besar itu adalah Muhammad Sholeh Darat bin Umar As-Samarani yang lebih dikenal sebagai Kiai Sholeh Darat.

Sedangkan santrinya adalah KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, dan Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Sementara salah satu santriwatinya adalah pahlawan emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini.
 


Komplek Makam


Lokasi Makam

Makam KH Sholeh Darat berada di pemakaman umum “Bergota” Semarang tepatnya disamping belakang Rumah Sakit Karyadi Semarang, yang berada ditengah-tengah seperti di bukit kecil. Untuk menuju lokasi Makam KH Sholeh darat bisa memakai transportasi umum angkot orange C6 jurusan Sampangan-Pasar Johar, atau pakai ojek online lalu masuk ke dalam komplek makam Bergota lurus, Kendaraan pribadi ke arah manapun juga mudah kesana dengan bantuan Google maps, karena lokasi di tengah kota Semarang.

 

 

yang Sudah Mengunjungi Traveling Wisata Kota Semarang dan Bertawassul di Makam KH Sholeh Darat