Kiai Said Janji NU Selalu Bersama Masyarakat Papua

 
Kiai Said Janji NU Selalu Bersama Masyarakat Papua

LADUNI.ID, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aql Siradj sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi di Papua. Kiai Said berjanji bahwa NU akan selalu bersama masyarakat Papua dalam memerangi kezaliman.

Pernyataan tersebut disampaikan Kiai Said saat menerima kunjungan dan silaturrahim dari Majelis Rakyat Papua (MRP) ke PBNU. Kunjungan MRP itu disambut langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua PBNU H Iqbal Sullam dan Aizuddin Abdurrahman, Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Andi Najmi Fuadi dan Katib SYuriyah KH Nurul Yaqin Ishaq.

“NU selalu bersama masyarakat tertindas. Puncak kezaliman adalah mengatasnamakan agama. rais aam berganti, ketua umum berganti, prinsip NU tidak pernah berganti. Semua warga negara Indonesia, saudara saya, saudara NU,” terang Kiai Said.

Sementara itu, Wakil Ketua I MRP Jimmy Mabel menyampaikan bahwa mereka semua yang dari Papua sangat menginginkan kedamaian dan tidak pernah ingin adanya benci kepada siapa pun. Mereka melakukan silaturrahim tersebut untuk minta solusi supaya Papua dapat hidup damai dan rukun.

“Mohon solusi kepada PBNU agar Muslim dan Kristen hidup rukun di Papua. Tak ingin terjadi di Poso dan Ambon. Ini sangat berat… Tidak boleh terjadi peristiwa Poso dan Ambon,” tegas Jimmy.

Lebih daripada itu, Jimmy juga menjelaskan bahwa di Papua kini telah ditumbuhi bibit radikalisme yang kian tumbuh subur. Jika hal itu dibiarkan terus membesar, kata Jimmy, akan sangat berbahaya. Jimmy juga mengkungkapkan bahwadi Papua adalah kelompok tertentu yang mendirikan lembaga tanpa izin. Hal itu sangat berkaitan dengan penyebaran kebencian dan radikalisme.

Pertemuan dimulai dengan perkenalan dari 17 anggora MRP. Mereka terdiri dari beragam agama dan suku di Papua. Kemudian menyampaikan maksud dan tujuannya, membahas masalah radikalisme agama.  (Sumber: NU Online)