ACI Nobatkan 7 Bandara Indonesia Sebagai Terbaik se-Asia Pasifik

ACI Nobatkan 7 Bandara Indonesia Sebagai Terbaik se-Asia Pasifik

LADUNI.ID, Jakarta - Airport Council International (ACI) menobatkan PT. Angkasa Pura II sebagai operator banda terbaik di Asia Pasifik dan memberikan 22 penghargaan bergengsi. ACI adalah satu-satunya perwakilan global dari otoritas bandara di dunia, yang mengembangkan standar, kebijakan, serta pelatihan untuk meningkatkan standar bandara di seluruh dunia.

Adapun ke 22 penghargaan Airport Service Quality Award 2018 dari ACI tersebut diserahkan ke enam bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura II (Persero) pada Rabu (4/9) kemarin. Penghargaan diberikan dalam acara Customer Experience Global Summit 2019 yang digelar di Nusa Dua, Bali.

Dilansir dari siaran pers yang diterbitkan PT. Angkasa Pura II (Persero), enam bandara AP II meraih penghargaan setelah melalui proses survei Airport Service Quality yang digelar oleh ACI. Survei tersebut dilakukan terhadap penumpang pesawat di 380 bandara yang ada di 90 negara.

Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan penghargaan tertinggi Airport Service Quality 2018 dari ACI ini merupakan hasil dari transformasi pelayanan yang sudah dilakukan perseroan sejak 3 tahun lalu.

Ia menambahkan, transformasi pelayanan antara lain didukung pengembangan infrastruktur fisik dan penerapan teknologi informasi disertai dengan peningkatan sumber daya manusia.

Kemudian Direktur Utama PT. Angkasa Pura I (Persero), menyampaikan penghargaan ini adalah bukti nyata kerja keras dan fokus Angkasa Pura I untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara.

Sementara itu, Bandara Sepinggan di Balikpapan yang dikelola PT. Angkasa Pura I juga meraih penghargaan dari ACI, tapi beda kategori. Bandara bernama lengkap Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) tersebut dinobatkan jadi yang terbaik se-Asia Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta per tahun. Prestasi ini juga menyamai pencapaian tahun lalu.

Adapun keenam bandara pemenang penghargaan ini adalah:

1. Bandara Sultan Syarif Kasim II – Pekanbaru

  • - Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)
  • - Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)
  • - Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)
  • - Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 million passengers)

2. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang

  • - Best Airport by Size and Region (2-5 million passengers in Asia-Pacific)
  • - Best Environment and Ambience by Size (2-5 million passengers)
  • - Best Customer Service by Size (2-5 million passengers)
  • - Best Infrastructure and Facility by Size (2-5 million passengers)

3. Bandara Sultan Thaha – Jambi

  • - Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)
  • - Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
  • - Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
  • - Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

4. Bandara Depati Amir – Pangkalpinang

  • - Best Airport by Size and Region (Under 2 million passengers in Asia-Pacific)
  • - Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
  • - Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
  • - Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

5. Bandara Silangit – Siborong-borong

  • - Most Improved Airport in Asia-Pacific
  • - Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
  • - Best Customer Service by Size (Under 2 million passengers)
  • - Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

6. Bandara Raja Haji Fisabilillah – Tanjung Pinang

  • - Best Environment and Ambience by Size (Under 2 million passengers)
  • - Best Infrastructure and Facility by Size (Under 2 million passengers)

7. Bandara Sepinggan Balikpapan sukses meraih penghargaan di empat kategori, yakni

  • - Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.
  • - Bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.
  • - Bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.
  • - Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.