Dispendik Sumenep Luncurkan Dua Kartu Cerdas Siswa

Dispendik Sumenep Luncurkan Dua Kartu Cerdas Siswa

LADUNI.id, SUMENEP - Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memiliki ide kreatif demi pengembangan anak didik. Salah satunya, di tahun 2019, Dispendik Sumenep akan meluncurkan program kartu cerdas bagi siswa. 

Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Drs. Bambang Irianto, M. Si,  mengatakan, kartu cerdas tersebut akan sangat bermanfaat bagi siswa. Nantinya, setiap siswa akan diberi kartu yang memiliki dua fungsi.

"Dua fungsi Kartu Cerdas Siswa sebagai absensi siswa dan buku tabungan. Kenapa berfungsi sebagai kartu absensi siswa, karena setiap masuk sekolah siswa harus menggesekkan kartu tersebut sebagai absensi, kemudian ada pemberitahuan kepada orang tua atau wali murid, jika anaknya telah masuk ke sekolah," Kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep,  Bambang Irianto.

Lebih jauh Bambang menjelaskan, jika kartu itu juga bermanfaat bahwa kitika pulang kartu tersebut harus kembali digesekkan, dan nantinya ada pesan ke nomor Hand Phone orang tua atau wali murid, jika anaknya sudah pulang dari sekolah.

Bukan hanya berfungsi sebagai absensi, kartu cerdas ini juga mengajarkan kepada para siswa untuk menabung. Dalam hal ini, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Bank Jatim untuk kartu cerdas tersebut.

“Jadi selain berfungsi absensi, kartu ini juga berfungsi untuk menabung. Jadi uang tabungan siswa akan lebih aman di bank, dan tidak ada kasus lagi tabungan siswa raib karena ulah oknum guru di Sekolah,” tandasnya. (*)