Grand Syaikh Al-Azhar: Agama Islam Tidak Terpisah dari Agama Lain

Grand Syaikh Al-Azhar: Agama Islam Tidak Terpisah dari Agama Lain

LADUNI.ID, Jakarta – Dalam rangka menyampaikan tahniah kelahiran Sayyidina ‘Isa ‘alaihissalam pada Pope Tawadros II of Alexandria, batrik (patriark) geraja ortodoks dan semua ummat koptik, Grand Syaikh Al-Azhar, bersama-sama iring-iringan ulama besar, berkunjung ke katedral Ortodoks di wilayah Abbasyiah.

Menurut Syaikh Al-Azhar, agama Islam bukanlah agama yang berpisah dari agama yang lain, melainkan berkoalisi dalam rantaian agama Ilahi. Pemahaman itulah yang melindungi hubungan baik antara bermacam perbedaan keyakinan yang ada di Timur.

Dalam kunjungan itu juga, Grand Syekh menyampaikan ujaran selamat atas pembangunan katedral baru di pusat kota pemerintahan baru.

Lebih dari itu, syekh Al-Azhar mengumumkan bahwa saling menyayangi & mengunjungi Adalah hal yang diajarkan agama Islam yang mulia dan Al-Azhar sendiri mengajarkan anak-anaknya bahwa:

  • Agama samawi berasal dari Tuhan Yang 1
  • Semua Nabi Adalah saudara dari ibu yang tak sama

Sementara itu, Pope Tawadros II memuji kunjungan-kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke katedral dalam bermacam Peluang hari-hari besar; memberikan peran penting dalam tersebarnya kebahagian dan kedamaian di masyarakat Mesir.

Pope juga menyambut baik dan berterima kasih atas ungkapan perasaan hati Grand Syekh Al-Azhar dan iring-iringan, mengumumkan bahwa jalinan kasih sayang dan saling mengunjungi dalam Peluang hari-hari besarlah yang melindungi hubungan baik antara sesama penduduk Mesir.

Bahkan, Pope juga menyampaikan bahwa semua ajaran as-Sayyid al-Maseh (Sayyiduna Isa as) ialah cinta pada sesama dan cinta itulah yang menyebarkan perasaan suka juga bahagia di tengah masarakat, sehingga membawa pada perasaan damai dalam jiwa  masarakat. (Sumber: Muslim Moderat)