Ketahui Delapan Fadhilah Membaca Surah Al Hasyr Ayat 21-24

 
Ketahui Delapan Fadhilah Membaca Surah Al Hasyr Ayat 21-24

LADUNI.ID, Jakarta - Membaca Surah Al-Qur’an adalah sebuah keutamaan dan akan diganjar pahala. Bahkan ada berbagai fadilah yang akan didapat jika kita membaca Al-Qur’an dengan surah-surah tertentu. Salah satunya adalah membaca Surah Al-Hasyr Ayat 21-24, di mana dengan membaca Surah ini ternyata mengandung banyak fadhilah.

Berikut ini adalah fadhilah (keutamaan) Surah Al Hasyr ayat 21-24:

1. Obat dari Segala Macam Penyakit Kecuali Kematian.

Rasulullah Saw bersabda : Jibril pada saat itu menurunkan surat ini dia berkata padaku : Letakan tanganmu di atas kepalamu. Sebab sesungguhnya surat ini yakni obat dari macam penyakit kecuali kematian (HR Khatib Al Baqhadadi).

2. Terhindar dari Godaan Jin.

Abu Ayyub ra (Sahabat Rasulullah) berkata pada Jin : Maukah engkau memberitahu kami surat yang paling utama untuk melindungi diri kami dari gangguan jin ? Kemudian jin itupun menjawab : Doa paling utama dapat melindungi kalian dari gangguan kami yakni beberapa surat dalam Al Qur’an salah satu yakni surat Al Hasyr ayat terakhir (HR Ibnu Marduwaih).

3. Apabila Meninggal Dunia Maka Allah Menghapus Segala Perbuatan yang Sudah Dilakukan.

Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa yang membaca surat ini pada ayat akhir, kalau ia meninggal ketika siang ataupun malam hari. Maka Allah akan menghapus segala kesalahan yang sudah diperbuatnya (HR Ibnu Marduwaih).

4. Meninggal dalam Keadaan Mati Syahid.

Rasulullah SAW memerintahkan pada lelaki yang sedang berbaring di tempat tidurnya, agar membaca surah ini ayat terakhir. Beliau bersabda : Jika engkau meninggal, maka engkau akan meninggal dalam keadaan syahid (HR Ibnu Sunni).

5. Doa Menjadi Mustajab (Makbul).

Rasulullah SAW bersabda pada Baro’ bin Azib r.a (sahabat setia Rasulullah SAW) : Jika engkau ingin doa menjadi makbul (diijabahi) Allah SWT. Maka bacalah sepuluh yang pertama yakni surat Al Hadid serta pada ayat terakhir Al Hasyr. (HR Ali Abdur-rahman).

Rasulullah SAW bersabda : Ismul A’dzom terdapat pada 6 ayat terakhir dari surah Al Hasyr (HR Ad Dailami).

6. Allah akan Mengirimkan 70.000 Malaikat Untuknya.

Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa membaca menimal 3x. Maka Allah SWT akan mengirimkan 70.000 malaikat untuk mendoakan keselamatan baginya hingga sampai sore tiba. Dan apabila dia meninggal pada siang itu, maka insyaAllah dia akan mati dalam keadaan syahid, serta bagi siapa yang membaca surat tersebut di sore hari, maka dia akan dalam keadaan seperti diatas hingga waktu pagi hari tiba yakni (mati dalam keadaan syahid) (HR Tirmidzi).

7. Sebagai Jaminan Masuk Surga.

Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa membaca ayat terakhir tersebut pada saat pagi ataupun sore hari, apabila dia mati, maka insyaAllah dia akan masuk surga sebab dia (mati syahid) (HR Ibnu Baihaqi)

8. Dapat Mengejar Amalan yang Telah Terlewatkan.

Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa membaca surah ini pada ayat terakhir ketika pagi hari, maka dia sudah mengejar amalan yang sudah terlewatkan pada malam harinya. Dan begitu juga jika dibaca pada sore hari dia  telah mengejar amalan yang telah terlewatkan pada siang hari (HR Ibnu Dhoris).