Sisi Romantis Abah Guru Sekumpul Ketika Menjamu Tamu

Sisi Romantis Abah Guru Sekumpul Ketika Menjamu Tamu

LADUNI.id - Masyhur dengan panggilan Abah Guru Sekumpul, yaitu KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Alimul al-Alamah al-Arif Billaah al-Bahrul Ulum al-Waliy Qutb as-Syekh al-Mukarram Maulana Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari.

Abah Guru Sekumpul dikenal memiliki adab dan akhlak sangat mulia. Beliau adalah ulama dan waliyullah di Kalimantan Selatan, sebagaimana dikisahkan dalam Channel Youtube Fakta Ulama99. 

Dijelaskan, adab dan akhlak yang mulia ini, sangat tampak ada pada diri Abah Guru Sekumpul. Sebagaimana pernah diceritakan oleh Bambang Haji Darmansyah Yaitu Zainal Habib Assegaf, bin Mahdi bib Syech Abu Bakar bin Salim, ketika berdakwah di Kalimantan Selatan, sekitar tahun 1980-an. 

Beliau menyempatkan untuk bersilaturrahmi kepada ulama Kharismatik, shohibul Wilayah Kalimantan Selatan Abah Guru Sekumpul. 

Ketika bertamu, beliau dijamu dan disambut dengan sangat ramah tamah oleh Abah Guru Sekumpul. Beliau bercerita panjang dan kemudian Al Habib Assegaf pun disuruh istirahat oleh Abah Guru Sekumpul. 

Berhubung waktu itu, sudah larut malam, maka Abah Guru Sekumpul pun menganjurkan Al Habib Assegaf menginap saja di rumah beliu, dan Al Habib Assegaf pun meng-iya-kannya. 

Singkat cerita, Ketika Abah Guru Sekumpul mau tidur, anehnya, beliau malah memilih untuk tidur di lantai. Sebab, dikarenakan beliau sadar kalau sebelah kamarnya, ada seorang waliyullah yaitu Al Habib Assegaf yang sedang bermalam di kediamannya. 

Dan lebih aneh lagi, ternyata Al Habib Assegaf juga memilih untuk tidur di lantai kamar yang diberikan Abah Guru Sekumpul. Sebab, untuk menghormati Shohibul wilayah dan Waliyullah disebelah kamarnya juga, yaitu Abah Guru Sekumpul. 

Subhanallah…! padahal beliau berdua tidur di kamar berbeda dan tidak saling melihat satu sama lain. Itu semua spontan terjadi dikarenakan beliau berdua sama-sama memiliki ilmu dan akhlak yang bersumber sama yaitu Rasulullah SAW. Sehingga, akhlaqul karimah sama-sama diperaktekkan dan tertanam pada diri beliau berdua. 

Semoga kita bisa mendapatkan inspirasi dari kisah-kisah para waliyullah untuk memperbaiki diri demi meraih masa depan sukses dunia dan akhirat. Amin. (*)

Sumber : Youtube Fakta Ulama99 (https://youtu.be/0bAyLAp67L0)