Doa Ulama Besar Bagi Pemimpin

Doa Ulama Besar Bagi Pemimpin

LADUNI.ID, Jakarta - Indonesia telah melewati proses panjang pemilihan presiden yang sangat panjang dan melelahkan, dan syukur alhamdulillah bapak Joko Widodo dan kyai Ma’ruf Amin telah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 oleh MPR pada 20 Oktober 2019 kemarin.

Selanjutnya terkait presiden terpilih yang memimpin negeri Indonesia, hendaknya kita semua memanjatkan doa sebagaimana pendapat ulama ini.

Al Imam Fudhail bin ‘Iyadh berkata,

لو أن لي دعوة مستجابة ما صيرتها الا في الامام

“Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, maka tidak aku gunakan doa itu kecuali untuk mendoakan kebaikan bagi pemimpin.”

قيل له : وكيف ذلك يا أبا علي ؟ قال : متى ما صيرتها في نفسي لم تحزني ، ومتى صيرتها في الإمامِ فصلاحُ الإمامِ صلاحٌ العبادِ والبلادِ

Ada yang bertanya pada Fudhail, “Kenapa bisa begitu?” Ia menjawab, “Jika aku tujukan doa tersebut pada diriku saja, maka itu hanya bermanfaat untukku. Namun jika aku tujukan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik.” (Hilyatul Auliya’ karya Abu Nu’aim Al Ashfahaniy, 8: 77, Darul Ihya’ At Turots Al ‘Iraqi)

Ya Allah berilah pertolongan, petunjuk, kekuatan, keselamatan, perlindungan dan keberhasilan kepada Bapak Joko Widodo dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yg tercinta ini. Ya Allah selamatkan dan lindungi keduanya dari segala mara bahaya, fitnah, gangguan, cobaan dan musibah. Ya Allah persatukan bangsa kami, damaikan bangsa kami, makmurkan bangsa kami, selamatkan bangsa kami, hindarkan bangsa kami dari segala perpecahan, pertikaian, fitnah, mara bahaya dan  bencana.
Jadikan bangsa kami, bangsa yang Engkau ridhai. Amin.

حسبنا الله ونعم الوكيل، نعم المولى ونعم النصير. ولاحول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم.

اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقدره العظيم. سبحان ربك رب العزة عما يصفون. وسلام على المرسلين. والحمد لله رب العالمين. آمين.