Penuh Semangat, Ratusan Santri Ikuti Upacara HSN di Ponpes Al Miftahiyah

 
Penuh Semangat, Ratusan Santri Ikuti Upacara HSN di Ponpes Al Miftahiyah

LADUNI.id, Sumenep - Pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional 2019 berlangsung penuh khidmad di Pondok Pesantren Al Miftahiyah Kalibaru Cilincing Jakarta Utara. 

Bahkan, ratusan santri dengan mengenakan baju putih dan berpeci hitam, rela mengikuti prosesi upacara dan mendengarkan amanat inspektur upacara Soal Resolusi jihad Raisul Akbar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy'ari.

Dalam kegiatan sakral itu, ada sekitar 500 peserta upacara yang terdiri dari para santri, Pengurus Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC), dan pengurus Badan Otonom NU Kecamatan Cilincing

Ketua MWC NU Kecamatan Cilincing Jakarta Utara KH Nasihin Zain  mengatakan, lahirnya Hari Santri Nasional itu untuk mengingat peran ulama, kiai, dan para santri menegakan kemerdekaan.

Resolusi jihad dari Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy'ari, menjadi jiwa semangat para santri untuk mengusir para penjajah.

"Pada 22 Oktober 1945, Mbah Hasyim mencetuskan resolusi jihad. Dengan semangat 'Hubbul wathon minal iman', terjadilah pertempuran ulama dan santri dengan penjajah selama tiga hari di Surabaya," ungkapnya.

Cak Sholeh berharap, Hari Santri bisa memupuk semangat patriotisme dan semangat keislaman.

"Perbedaan itu fitroh. Manusia memang diciptakan berbeda- beda, tapi bagaimana kita menjadikan perbedaan itu menjadi sebuah kekuatan bangsa," ungkapnya. (Sholeh/ibn)