Penyebab Malas dan Cara Mengobatinya Menurut Habib Abdullah bin Alwi Alhadad

 
Penyebab Malas dan Cara Mengobatinya Menurut Habib Abdullah bin Alwi Alhadad

LADUNI.ID, Jakarta - Manusia hidup di dunia ini tidak luput dari sifat yang satu ini, sifat yang paling disukai oleh setan, yaitu sifat malas, Setan akan terus membisiki manusia untuk tetap meninggalkan kewajibannya  dengan cara apapun, asik dengan aktivitas sehingga lupa dengan ibadah, terlalu lelap dalam tidur sehingga berat untuk menyambut seruan muazin, mendatangi masjid, dan melaksanakan salat.

Hal ini juga dialami orang yang alim, orang yang mencintai kebaikan dan mencintai orang baik, dia juga membenci kejelekan dan membenci orang yang berbuat jelek, itulah kecerdikan setan dalam mempengaruhi manusia untuk menjadi pengikut setan.

Suatu saat ada seseorang yang bertanya kepada Alhabib Abdullah Bin Alwi Alhadad:

“Apakah obat bagi orang yang berat untuk mengerjakan kebaikan (ibadah) dan condong kepada syahwatnya padahal dia adalah orang yang mencintai kebaikan dan mencintai orang baik, dia juga membenci kejelekan dan membenci orang yang berbuat jelek?”

Alhabib Abdullah bin Alwi Alhaddad kemudian menjawab, ketahuilah bahwa ada empat penyebab dalam masalah ini, yaitu:

  1.  Kebodohan, dan cara menghilangkannya adalah dengan mempelajari ilmu yang bermanfaat.
  2.  Lemahnya iman, dan cara menguatkannya yaitu dengan merenungkan kekuasaan Allah dan melazimi amal-amal sholeh.
  3.  Banyak angan-angan, dan cara mengobatinya adalah dengan mengingat mati serta selalu merasakan akan datangnya kematian di setiap keadaan dan waktu
  4.  Memakan sesuatu yang syubhat, dan cara selamat darinya adalah dengan cara menjadi orang yang waro’ bersamaan mengurangi konsumsi makanan yang halal.

Barang siapa yanga mengobati empat perkara tersebut dengan yang obatnya, maka dia akan menjadi orang yang gemar melakukan kebaikan (ibadah) dan tidak condong kepada syahwat.

_________________________
* Catatan: Tulisan ini terbit pertama kali pada Sabtu, 9 November 2019 . Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan.