Al Qur'an dan Hadis

 

Kumpulan Tafsir Q.S. Al-An’am Ayat 108 tentang Larangan Memaki Sesembahan Lain

Memaki sesembahan lain adalah sifat yang tidak terpuji. Sebagaimana dijelaskan al-Qur’an Surah Al-An’am Ayat 108

Gunakan Sehat untuk Ibadah

Dalam sebuah Hadist, diriwayatkan bahwa kesehatan itu teramat penting karena bagian daripada kenikmatan.

Apakah Perawi Pendusta Hadisnya Otomatis Palsu?

 Sebelumnya saya telah menulis sebuah tanggapan ringkas dalam kolom komentar pada status FB Ustadz Adhli Al-Qarni yang mengkritik Syaikh Ali Jum’ah terkait dengan hadits kemulian sahabat yang dibawakan oleh beliau dalam kitab “Aqidah Ahlissunnah wal Jama’ah”.

Menyebut Kebaikan Orang yang Sudah Wafat

 Siapapun yang wafat diantara kita hendaknya kita yang masih hidup dianjurkan untuk menyebut segala kebaikan yang sudah dilakukannya.  Berikut adalah petunjuknya:

]Dalil Sudah Diproses Menjadi Sari Pati Ilmu

Para kyai sepuh (juga Habaib) yang mengampu pesantren ini tiap harinya memegang kitab, menyampaikan ilmunya kepada para santrinya, bahkan telah mengamalkannya. Proses ini berjalan berpuluh-puluh tahun.

Soal Syafaat Al Qur'an

l-Qur'an adalah pemberi syafaat dan diterima syafaatnya, ia menjadi saksi yang dibenarkan. Barang siapa menjadikan Al-Qur'an didepannya maka akan menuntunnya ke surga. Barang siapa yang meletakkan Al-Qur'an di belakangnya maka akan membawanya ke neraka

Salah Satu Keutamaan Idul Fitri

Banyak keutamaan yang diturunkan oleh Allah SWT pada hari raya idul fitri. Seperti yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik bahwa Rasulullah saw bersabda:

Arti Nuzulul Qur'an Menurut Para Ulama

Arti Nuzulul Qur'an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Dalil tentang Diturunkannya Kitab Suci Al Qur'an

Beberapa ulamak sependapat bahwa Al Qur'an di turunkan pada bulan Ramadan,Mengenai hal ini telah di terangkan di dalam surat al-Baqarah ayat 185. 

Nabi Muhammad sebagai Khataman Nabiyyin dan Turunnya Nabi Isa di Akhir Zaman

Sesungguhnya Isa Ibn Maryam akan turun di akhir zaman, dan akan berhukum dengan syariat Nabi Muhammad, dan bukan dengan dengan syariat beliau sendiri (Isa), karena sesungguhnya syariat beliau (Isa) telah terhapus ditelan oleh waktu, karena telah lampau waktu untuk mengamalkannya

Menampilkan 11 - 20 dari 332 Al Qur'an dan Hadis