Artikel

 

Penghuni Neraka dan Skenario Takdir

Dalam akidah Ahlussunnah wal Jama'ah, Allah telah menciptakan Surga dan Neraka lengkap beserta calon penghuninya masing-masing. Namun tak ada yang tahu daftar penghuni surga atau neraka itu sehingga tak dibenarkan merasa dirinya sendiri atau memvonis orang lain sebagai penghuni pasti surga atau penghuni pasti neraka, kecuali bila ia mati dalam keadaan non-muslim.

KH Saifuddin Zuhri , Penjaga Ingatan Warga NU

Saya menyebut KH. Saifuddin Zuhri sebagai "penjaga ingatan warga NU". Bukan karena kiprahnya sebagai Menag, melainkan karena kreativitasnya di bidang tulis menulis.

Penyair Salon

Menulis sajak itu tidak harus menggunakan bahasa yang berbusa-busa diindah-indahkan, dipuitis-puitiskan. Akan tetapi, menulis sajak itu cukuplah menggunakan bahasa yang sederhana, sebab yang puisi bukan cuma bahasanya, melainkan yang puisi itu pengalaman hidup yang dipotret oleh sang penyair. Boleh jadi itu sederhana tetapi berkarakterm unik, sekaligus estetik yang memiliki etik 

Ironi

Jika siaran/ujaran kebencian dan pengkafiran sesama muslim menyebar tiap waktu, intoleransi terus merebak, korupsi menjadi banal dan kekerasan seksual terus menjalar, maka siapakah yang salah atau bermasalah : individunyakah, sistem sosialnya kah, sistem pendidikannya kah ? Sistem berpikir umat beragamanya kah? atau yang lain?.

Kaidah 5w + 1h dalam Penulis Proposal Penelitian

Diantara beberapa kaidah yang perlu diperhatikan oleh seorang peneliti dalam membuat rencana proposal penelitian adalah kaidah 5w+1h.

Proposal Penelitian Harus Berangkat Dari Pertantaan Penelitian yang Matang

Sebagai sebuah rencana kerja, proposal penelitian mestinya memuat langkah kerja dan tahapan yang akan dilalui dalam proses penelitian. Karena itu sangat tidak pantas jika ada bagian dari proposal yang ditulis sendiri tapi tidak difahami dengan baik dan jelas oleh peneliti.

Keparat, Cover dan Kafir

Kalau dalam bahasa Arab ada istilah Isytiqaq Asghar dan Isytiqaq Akbar, apabila dari beberapa hurufnya ada kemiripan dan kesamaan, biasanya memiliki arti yang mirip atau sama, seperti kata, "Qawala, waqala, laqawa, walaqa, qalawa, lawaqa" yang pada awal maknanya adalah bergerak (yataharrak),

Perkuat Kota Pontianak Sebagai Objek Geowisata

Kota Pontianak adalah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Sterotip Terhadap Kaum Perempuan

Pembentukan-pembentukan opini selalu terjadi, sehingga pihak-pihak yang dianggap lebih melarat, sekarat, dan rendah selalu dirugikan. Pembentukan ini ada unsur kesengajaan, agar tercipta ketidakstabilan, atau sebaliknya. Biasanya yang membentuk adalah pihak yang dianggap lebih berkuasa (penguasa) dan lebih mendominasi.

Dimensi Humanisme dan Munculnya Inspirasi Dalam Puisi Isa An-Na’uri dan Anis Syusan

 Penghargaan atas nama kemanusia semakin marak diberikan, bukan karena manusia semakin dihargai, tetapi manusia semakin menjauh dari arti kemanusiaan, manusia semakin butuh penghargaan untuk diakui menjadi manusia, tetapi semakin menjauh dan semakin banyak yang tidak memanusiakan manusia, bahkan keluarganya, tetangganya dan saudara se-negara pun menjadi ancaman dan pembantaian.

Menampilkan 151 - 160 dari 190 Artikel