Berita Pesantren

 

Jelang NU Jabar Award, RMI NU Cianjur Kebut Sertifikasi Pesantren

Pondok Pesantren memiliki kontribusi besar dalam menghasilkan generasi penerus bangsa yang tidak hanya cakap dalam ilmu agama melainkan juga ilmu pengetahuan umum

Taat Prokes: Pesantren Yanbu’ul Ulum Gelorakan Kembali Pentingnya Memakai Masker

Dalam mauidzah-nya, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Yanbu’ul Ulum, M. Najih Arromadloni menyampaikan bahwa menerapkan protokol kesehatan merupakan perintah agama yang bersifat wajib dan prioritas menjadi bagian dari hifdz al-nafs (menjaga jiwa) yang termasuk dalam daruriyat al-khams (lima pilar utama hukum Islam).

Filosofi T.I.T.I.P KH Hasan Abdullah Sahal

“Kalau mau punya anak bermental kuat, orangtua-nya harus lebih kuat, punya anak itu jangan hanya sekedar sholeh tapi juga bermanfaat untuk umat, orangtua harus berjuang lebih ikhlas, ikhlas, ikhlas,” pesan KH. Hasan Abdullah Sahal, pimpinan Pondok Gontor kepada para wali santri.

Mengenal Pesantren Tirakat Mbah Jad Khas NU

Rekruitmennya cukup sulit. Sarat masuk menjadi penghuni pesantren ini harus puasa ngrowot 40 hari, 1 tahun, 2 tahun sampai 3,5 tahun. Setiap santri baru diberi masa puasa berbeda. Setelah lulus dilanjutkan puasa dawud.

Wujudkan Umat Wasathiyah, Lembaga Daulat Bangsa Gelar Shilah Ukhuwah di Pesantren

Ada banyak cara dalam mewujudkan masyarakat yang memiliki cara pandang moderat (wasathiyah). Salah satu contohnya adalah sebagaimana diselenggarakan oleh Lembaga Daulat Bangsa.

Cetak Jurnalis Muda, Metro TV Latih Santri Ponpes Al-Ittihad Cianjur

Sebanyak 250 dari 3200 santri di Pondok Pesantren Al Ittihad, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendapat pelatihan jurnalistik dari program Metro TV berbagi.

Ponpes Al-Ittihad Cianjur Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Karawang

pondok pesantren menyalurkan sejumlah bantuan berupa uang dan pakaian layak pakai guna meringankan beban orangtua santri yang terdampak banjir di Kabupaten Karawang.

Santri Al-Ittihad Asal Aceh Ini Semangat Belajar Demi Mengabdi di Tanah Kelahiran

Adalah Fauzi, santri Pesantren Al-Ittihad Cianjur yang berasal dari Seruway, Aceh Tamiang, Nanggroe Aceh Darussalam.

Fajar: Santri Al-Ittihad Asal Papua Bercita-cita Jadi Tentara, Ini Alasannya

Pesantren Al-Ittihad Cianjur yang terletak di Rawabango, Bojong, Karangtengah, Cianjur, memiliki tiga ribu lebih santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu santri tersebut berasal dari Papua. Fajar (17), namanya.

Covid-19 Tak Kunjung Usai, Gus Hayat Ingatkan Masyarakat Perkuat Lumbung Pangan

Pandemi Covid-19 memiliki imbas yang sangat besar bagi penurunan ekonomi masyarakat. Namun begitu, masyarakat dituntut untuk tidak boleh menyerah dan selalu mencari peluang menciptakan ekonomi kreatif untuk menunjang kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi ini.