Kitab  Tanbihul Muta'allim – Makna Pesantren

Didownload setiap hari mulai pukul 08:00 s/d 15:00 WIB
ID Kitab437
PengarangKH. Imam Ahmad Maisur Sindi At-ThursidiTahun Terbit Masehi/Hijriah-/-
PenerbitFan/KategoriAdab Dan Etika
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Karya KH. Imam Ahmad Maisur Sindi At-Thursidi, lahirkan pada tanggal 18 juni 1925 M di desa Tursidi RT dan RW : 04, Kecamatan Pituruh, Kabupaten  Purworejo, Jawa Tengah.
Nama al-Thursidi diambil dari nama desa beliau yaitu Tersidi.  Ayahnya, KH. Sarbani adalah seorang yang dikenal oleh masyarakat sebagai ulama’ yang teguh dalam memperjuangkan Agama dan Bangsa terbukti dengan semangat beliau melawan penjajah. Kakeknya yaitu KH. Rofi’i juga seorang ulama’ yang wira’i.
Beliu dibesarkan dalam keluarga yang berpegang teguh pada agama dan mementingkan akhlak serta ilmu dalam Islam dengan baik.

Al-Thursidi wafat dalam usia 72 tahun pada bulan shafar tepatnya bulan Agustus tahun 1997 M di Kediri, Jawa Timur. Beliau dimakamkan di Pondok Pesantren Mahir al-Riyadl Ringin Agung, Pare, Jawa Timur, sebuah pesantren yang didirikan oleh Syaikh Nawawi.

Kitab Tanbihul Muta’allim ini disediakan sesuai untuk pelajar pada umunya, dan pada khususnya untuk para santri di pondok-pondok pada tingkat kelas awal (pertama) sesudah kelas shifir kedua agar menjadi keselamatan bagi mereka dalam belajar ke arah cita-cita yang mulia. Adapun cara pengajarannya yaitu santri cukup menghafal lafaz (nadzam), ma’na thibaq dan artinya serta setiap akan masuk dibaca dengan hafalan bersama.

Pesantren merupakan sarana para pelajar menimba ilmu pengetahuan secara intensif. Hal ini tampak dari padatnya jadwal pengajian serta ragam kitab yang dipelajari. Namun, dalam tradisi pensantren, ada yang lebih urgen ketimbang ilmu pengetahuan, yakni adab atau etika. Termasuk etika dalam mencari ilmu itu sendiri.   Bagi para santri, akhlak lebih tinggi derajatnya daripada ilmu. Sedikitnya sopan santun lebih berharga daripada banyaknya ilmu.


Terimakasih telah membaca  Kitab  Tanbihul Muta'allim – Makna Pesantren,  di web https://www.laduni.id/kitab, semoga kitab ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Aamiin ya rabbal 'aalamiin

IDENTITAS KITAB

             
               

 

JUDUL                  

:

Kitab  Tanbihul Muta'allim – Makna Pesantren  (PDF)

 

PENULIS              

:

KH. Imam Ahmad Maisur Sindi At-Thursidi

 

 

PENERJEMAH   

:

-----------

     

 

PENERBIT           

:

-----------

   

 

TAHUN                

:

-----------

       

 

Tebal                  

:

18  halaman (PDF)

       

 

               

 

                         

 

 

 


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!