Hikmah

 

Bulan Rajab #20: Doa Mengusir Jin Ifrid via Rasulullah SAW

Perintah itu ialah melaksanakan shalat yang kemudian menjadi ibadah wajib bagi setiap umat Islam dan memiliki keistimewaan

Bulan Rajab #19: Puasa Rajab Menurut Ulama Mazhab

Ulama madzhab Malikiyyah menyatakan bahwasanya melakukan puasa di bulan Rajab merupakan salah satu macam puasa yang disunnahkan.

Bulan Rajab #18: Dahsyatnya Doa Akhir Rajab Ini

Israk Mikraj tersebut hanya dianugerahkan Allah kepada Baginda Nabi Muhammad. Telah disebutkan dalam banyak perkataan nash baik ayat, hadis dan qaulaan (perkataan) ulama tentang bermacam fenomena dalam Israk Mikraj.

Kiai Luqman: Ada Allah dalam Shalat, Jangan Disia-siakan!

Sesungguhnya minimal sudah lima kali sehari kita mi'raj kepada Allah. Apa maksudnya?

Marah dan Benci Itu Sakit

Putri guruku yang cantik, Ienas, tampak begitu lelah. Ia lelah menjelaskan kebenaran yang ada pada ayahnya. Ia mengetahui dengan tingkat "Ainul Yaqin", di atas "Ilmul Yaqin". Ia tahu dengan mata kepala dan matahatinya bahwa ayahnya tidak mengatakan "hal puisi itu".

Dibanding Nabi Lain, Inilah Tiga Keistimewaan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW memiliki tiga keistimewaan dibanding nabi yang lain. Apa saja itu?

Penyakit Imam Junaid Al-Baghdadi Sembuh Setelah Wudhu dan Shalat

LADUNI.ID, Al-Junaid bin Muhammad bin al-Junaid Abu Qasim al-Qawariri al-Khazzaz al-Nahawandî al-Baghdadi al-Syafi'i, atau lebih dikenal dengan Al-Junaid al-Baghdadî, lahir di Nihawand, Persia, tetapi keluarganya bermukim di Baghdad, tempat ia belajar hukum Islam mazhab Imam Syafi'i, dan akhirnya menjadi qadi kepala di Baghdad.

Murid Ro'isul Abdal (18): Imam Syafii dan Soal Ittifaqul Ummah

Diceritakan di dalam kitab Thobaqôt asy-Syâfi`iyah al-Kubrô yang dikarang oleh Imam Tajuddin as-Subki (versi Daru Ihya’il Kutub al-Arobiyah, II: 243-245), ketika membahas tokoh bernama Muhammad bin Aqil al-Firyabi, terdapat kisah pertemuan Syaikh laki-laki dengan Imam Syafi`i.

Kisah KH. Adlan Aly, Ketika Baca Fathul Qorib Bab Istisqa' Selalu Turun Hujan

salah satu keistimewaan di kala Mbah Delan mbalah kitab ini. Saat pengajaran sampai pada bab istisqa', maka pada saat itu pula langit akan tertutup mendung, walaupun sebelumnya suasana cerah

Kita Melawan karena Negara Terancam, Bukan untuk Rebutan Pengikut!

Gus Dur menanggapi dengan balik bertanya, "Lha jadi satpamnya Indonesia itu apa kurang mulia?"