Pesantren Nuururrohman, kemranjen, Banyumas

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Nuururrohman, kemranjen, Banyumas

Profil

Berawal KH. Ahmad Yunani NH memulai merintis pesantren memulainya dengan membuka pengajian di Desa Sirau. Pengajian tersebut, beliau mulai pertengahan tahun 1998 dengan menggunakan sistem sorogan bertempat di ndalem. Ketika pengajian baru dimulai hanya ada 4 orang santri yang mengikutinya.

Namun tak lama kemudian, jumlah santri yang ingin mengaji semakin bertambah mencapai 50 Sehingga sekitar setahun kemudian, tepatnya tahun 2000, KH. Ahmad Yunani NH mendirikan sebuah Majlis Taklim dengan nama Majlis Taklim Nuururrohman dan pada akhirnya pada tahun 2001 diresmikan menjadi Pondok Pesantren Nuururrohman yang mulanya santri menetap hanya berjumlah sekitar 30 orang. Tanpa terasa santri yang belajar dengan KH. Ahmad Yunani NH bertambah menjadi 100 orang.

Pondok Pesantren Nuururrohman Sirau terletak di desa Sirau Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dengan alamat Sirau RT 04 RW 07 Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas.

Dengan menggunakan Pondok Pesantren sebagai tempat mengaji, Salat, Tidur, Tempat pertemuan dengan kata lain menjadi gedung serbaguna. Cuma yang menjadi persoalan, seiring dengan semakin bertambahnya santri, fasilitas tersebut tak bisa lama-lama beliau pakai sebagai tempat belajar para santri.

Pada tahun 2008 beliau segera membangun Mushola yang cukup besar yang mampu menampung jama‟ah sekitar 600 orang, dan merupakan musholla terbesar di desa Sirau yang bernama Musholla Nuururrohman sesuai dengan nama Pondok Pesantrennya, Musholla tersebut juga di gunakan untuk tempat kegiatan pengajian santri dan jam‟iyyah Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jailani.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.