Pesantren Al Hikmah 1 Brebes

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP2
MA/SMA4 Maly/Univ.2
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al Hikmah 1 Brebes

Profil

Pondok pesantren Al Hikmah 1 berdiri pada tahun 1911 yang didirikan oleh KH. Kholil bin Mahalli. Pondok pesantren Al Hikmah 1 ini terletak di Desa Benda Kec. Sirampog Kab. Brebes. Pondok pesantren Al Hikmah 1 telah berkembang pesat dan mengalami sistem pengajaran modern yang memiliki lembaga pendidikan formal terdiri dari:
1. TK/Raudlotul Athfal
2. SMP Islam Terpadu
3. MTs (Madrasah Tsanawiyah)
4. MA  (Madrasah Aliyah)
5. MMA/Madrasatul Banat ( 6 tahun –SLTP+SLTA)
6. STM (Sekolah Menengah Kejuruan 1)
7. SMEA (Sekolah Menengah Kejuruan 2)
8. Tahfidzul Qur’an (Santri khusus penghafal Qur’an)
9. Ma’had Salafi (Setingkat Perguruan Tinggi)
10. Akademi Kebidanan (AKBID)

Pondok pesantren Al Hikmah 1 telah memiliki sarana prasarana yang sangat lengkap yang berguna untuk mendukung dalam pengajaran ilmu di lingkungan pondok pesantren.

Karena mengalami perkembangan yang luar biasa Pondok pesantren Al Hikmah 1 kini telah memiliki ribuan santri tidak hanya dari wilayah Jawa Tengah bahkan para santrinya hingga ada dari luar Jawa Tengah bahkan hingga dari luar pulau Jawa.

Sejarah
Tahun 1911 M. merupakan periode perintisan berdirinya Pondok Pesantren Al Hikmah 1 yang dilakukan oleh KH. Kholil bin Mahalli sepulangnya dari Tholabul ilmu di beberapa Pesantren dan yang terakhir belajar di Pesantren Mangkang Semarang, beliau melihat kondisi masyarakat yang masih awam akan pengetahuan agama, dengan metode

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya