Pesantren As-Syafi'iyah Sidoarjo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren As-Syafi'iyah Sidoarjo

Profil
Pondok pesantren As-Syafi'iyah mengembangkan beberapa unit pendidikan, yaitu: Ponpes Putra-Putri, PK/TK Plus As-Syafi'iyah, SD Islam Plus As-Syafi'iyah, MTs Plus As-Syafi'iyah, MA Plus As-Syafi'iyah, Madrasah Diniyah As-Syafi'iyah. Keberadaan unit-unit pendidikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat memberikan arti tersendiri, yaitu sebagai manifestasi nilai-nilai pengabdian dan perhatian kepada masyarakat.

Guna menunjang pendidikan santrinya untuk menanamkan IMTAQ dan IPTEK pondok pesantren As-Syafi'iyah mempunyai fasilitas pendukung, diantaranya yaitu: Laboratorium Biologi dan Fisika, Ruang multimedia, Perpustakaan, Koprasi, Wifi (Indischool), Kantin, Masjid, Gedung olahraga, Gedung sekolah lantai 3.

Pondok pesantren As-Syafi'iyah berlokasi di Dusun Wates, Kelurahan Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Sejarah

Pondok Pesantren As-syafi’iyah ini sebenarnya sudah ada sejak lama bahkan pada masa penjajahan kolonial Belanda. Akan tetapi dalam perkembangannya sebagai pesantren kecil tidak dapat bertahan diakarenakan tidak adanya regenerasi kepemimpinan setelah Kyai perintis wafat (Kyai Sima). Ia baru dapat mewujudkan musholla kecil (padepokan) dan rumah Kyai sendiri. Bila dilihat secara teoritis dan mengacu pada pandangan Zamakhsari Dhofier tentang elemen-elemen pondok pesantren yang meliputi masjid maka Kyai Sima belum bisa dianggap sebagai pendiri pondok pesantren, karena pada masa beliau belum didirikan asrama santri dan masjid.

Ini disebabkan mungkin pada waktu itu santri pendatang masih sedikit atau belum ada sama sekali santri pendatang, yang ada kebanyakan masih keluarga dan tetangga terdekat. Kegiatan yang dilakukan masih terbatas pada pendidikan dan pengajaran mengaji al-Qur’an dan latihan kanuragan. Masa ketidakjelasan pondok pesantren itu berlangsung dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Dan mulai tahun 1987 atas inisiatif dan prakarsa Kyai Mufid Syafi’i (salah seorang cucu Kyai Sima) dimulailah pembenahan dan perintisan keberadaan pondok pesantren itu kembali pengajian di pesantren lebih diintensifkan. Pada tahap perintisan ini kegiatan belajar mengajar di pesantren As-Syafi’iyah diikuti santri yang berasal dari desa setempat bahkan dari luar desa Wates. Secara ruitn setiap hari setelah sholat maghrib santri yang belajar dari kelompok anak-anak remaja. Sedangkan setiap satu minggu sekali hari jum’at malam sabtu dilaksanakan pengajian rutin bagi ibu-ibu, dan setiap hari minggu pagi setelah sholat Shubuh khusus pemuda dan bapak-bapak. Seluruh pelaksanaan kegiatan mengaji itu dipusatkan di pesantren.

Keadaan itu perlahan-lahan berkembang dengan cepat, kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren As-Syafi’iyah diikuti santri maupun jamaah yang tidak terbatas dari desa setempat, tetapi juga santri dan jamaah dari desa-desa lain yang berada diwilayah kabupaten Sidoarjo bahkan santri yang berasal dari luar kota. Tepat pada bulan September 1987 secara resmi berdirilah pondok pesantren As-Syafi’iyah, diasuh langsung oleh KH. Mufid Syafi’i. Pesantren ini terletak di dusun Wates Kedensari Kecamatan Tanggulangin. Pesantren tersebut meliputi tiga lokal bangunan sederhana yaitu ruang asrama santri, ruang belajar dan aula. Sebagai pesantren kecil dan sederhana, maka sarana fisik dan prasarana pendukung kegiatan belajar masih terbatas.

Pengasuh
1. KH. Syafi'í
2. KH. Mufid Syafi’i

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. PK/TK Plus As-Syafi'iyah
2. SD Islam Plus As-Syafi'iyah
3. MTs Plus As-Syafi'iyah
4. MA Plus As-Syafi'iyah

Pendidikan Informal 
1. TPQ
2. Madrasah Diniyah As-Syafi'iyah

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidul Qur'an
  2. Kajian kitab kuning
  3. Maulidan
  4. Pramuka
  5. PMR
  6. Futsal
  7. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
  8. Hadroh Al-Banjari
  9. Bahasa Arab
  10. Bahasa Inggris
  11. Dirosa Al-Qur’an
  12. Pencak Silat
  13. Ziarah
  14. Jurnalistik


Hadrah pesantren As-Syafi'iyah


Ketrampilan komputer di pesantren As-Syafi'iyah

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Gedung asrama santri
  3. Kantor
  4. Dapur
  5. Gudang
  6. Kamarmandi/wc
  7. Klinik kesehatan
  8. Laboratorium Biologi dan Fisika
  9. Laboratorium  Komputer
  10. Ruang multimedia
  11. Perpustakaan
  12. Koprasi
  13. Wifi (Indischool)
  14. Kantin
  15. Gedung olahraga
  16. Gedung sekolah lantai 3



Poskestren di pesantren As-Syafi'iyah


Gedung pesantren di pesantren As-Syafi'iyah

Alamat

Dusun Wates, Kelurahan Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
Kode Pos:    61272

Telepon:      (031) 88551166
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.assyafiiyah.net/

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.