Pesantren Shirothul Fuqoha' Kab Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0.
 
Pesantren Shirothul Fuqoha' Kab Malang

PROFIL

Pesantren Shirothul Fuqoha' Kab Malang merupakan lembaga pendidikan islam berasrama berlokasi di Jalan Basuki Rahmat No.104, Dusun Krajan, Sepanjang, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang Jawa Timur.

Seiring dengan perkembangan pesantren Shirotul Fuqoha’, kini telah memiliki lembaga pendidikan formal di pesantren dibawah naungan kemenag yaitu MTs Shirothul Fuqoha’ dan MA Shirothul Fuqoha’.

 Kegiatan belajar mengajar secara istiqomah berlangsung dari tahun ketahun dan dalam perkembangannya banyak Ponpes yang mengikuti metode pangajaran ilmu al-Qur’an (Yanbu’a) dan metode ilmu nahwu (Amtsilati) yang dikembangkan di Pesantren Shirothul Fuqoha' . Disamping itu juga di Ponpes ini diadakan diklat bagi para Muqri dan Muqriah RTQ. Khusus untuk metode Amtsilati banyak disukai dikalangan santri, bahkan ada santri yang berasal dari kalangan Mahasiswa untuk mengikuti metode Amtsilati ini.

Para santri itu datangnya dari berbagai tempat, seperti dari Banyuwangi, Madura, Situbondo, Pasuruan dan dari Malang sendiri, bahkan para santri yang mengikuti metode Amtsilati ini ada yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Barat seperti Tangerang, Madura, Probolinggo, Situbondo dll, yang sengaja datang untuk mempelajari metode tersebut.

SEJARAH

Pada masa penjajahan Belanda ada seorang Waqif mewaqofkan sebidang tanahnya seluas 1184 M2, guna mendirikan prasarana peribadatan umat islam di desa sepanjang kecamatan gondang legi kabupaten Malang. Kira-kira pada tahun 1931 didirikanlah sebuah bangunan masjid yang motifnya menyerupai masjid wali songo oleh masyarakat setempat. karena areal tanah yang cukup luas jika hanya dibuat mendirikan masjid maka selebihnya oleh masyarakat dibuatkan asrama pengajian disamping selatan bangunan masjid dengan bangunan yang sederhana sekali pada tahun 1932(disinilah awal pondok ini berdiri).

Setelah dari tahun ke tahun perkembangan pengajian dalam asrama ini selalu meningkat dan dirasa kurang begitu lengkap tanpa adanya seorang ulama’ yang secara langsung membimbing sebagaimana pondok-pondok yang lain dan juga kala itu tenaga pengajar atau asatidznya juga didatangkan dari luar daerah. maka baru ditahun 1952 datanglah seorang ulama’ yang sangat alim berasal dari kota jombang yaitu KH. Damiri yang akhirnya menjadi pengasuh pondok pesantren ini, setelah kedatangan beliau maka pengajian dipondok ini berjalan semakin baik dan berkembang.

Adapun metode pendidikan yang diterapkan oleh beliau kala itu dengan metode waton (pengajian umum) dan metode sorogan, dan juga diadakan diskusi masalah-masalah diniyah oleh orang-orang dari daerah lain. Santri kala itu yang menetap dipondok kurang lebih 30-an putra dan putri. Tepatnya pada tahun 1958 barulah diadakan pemugaran pondok lama dan didirikan pondok yang cukup bagus diatas pondok yang telah dibongkar dengan kamar sebanyak 7 ruang dan 1 kamar dibuat sebagai kantor pondok pesantren, dengan adanya lokasi baru inilah pondok berkembang dengan pesat sehingga pada tahun 1974 metode pengajian ditambah lagi dengan metode sekolah diniyah.

Dengan ditambahnya metode tersebut maka kuranglah prasarana untuk tempat sekolah diniyah dan dalam keadaan seperti itu maka diputuskan untuk memakai serambi masjid sebagai tempat sekolah diniyah. Pada tahun 1977 pondok pesantren yang sebelumnya belum mempunyai nama maka oleh beliau diberi nama Pndok Pesantren Salafiyah Shirothul Fuqoha'.

Pengasuh

  1. KH. Damiri
  2. KH. Muhammad Dahlan Ghoni

Baca juga :  Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)​ Wonosobo

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal

  1. Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha' (MASHIFA)
     

​​Pendidikan Non Formal

  1.  TPQ Shirotul Fuqoha'
  2. Madrasah Diniyah

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Kajian Kitab
  3. Bahtsul Masa'il
  4. Yasinan dan Tahlil
  5. Muhadharoh
  6. Barjanzi
  7. Qiro’ah
  8. Hadroh
  9. Khitobah
  10. Voli
  11. Basket
  12. Sepakbola 
  13. Pencak silat


Setoran hafalan Al Qur'an di pesantren Shirothul Fuqoha


Bahtsul Masa'il di pesantren Shirothul Fuqoha

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Asrama
  3. Gedung Sekolah
  4. Koperasi pesantren
  5. Kantin 
  6. Aula 
  7. Kantor 
  8. Dapur
  9. Klinik kesehatan
  10. Lapangan serbaguna
  11. Area parkir 


Gedung pesantren di pesantren Shirothul Fuqoha


Gedung sekolah di pesantren Shirothul Fuqoha


Baca juga :   Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung

ALAMAT

Jalan Basuki Rahmat No.104, Dusun Krajan, Sepanjang, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang Jawa Timur

Kode Pos : 65174

Telepon : (0341) 876078
              (0341) 877742

 

Email  : shirothulfuqoha@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.shirothulfuqoha.com

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.