Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang

Profil
Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Khairiyah Hasyim Seblak berada di Desa Kwaron Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Kwaron adalah nama Desa yang ada di Kecamatan Diwek Jombang. Kecamatan Diwek merupakan salah satu dari beberapa kecamatan di tingkat 21 di Kabupaten Jombang. Jarak dari Kecamatan Diwek ke kota Jombang atau dari kabupaten yaitu 7 km.

Jarak antara Seblak ke Tebuireng dari arah barat yaitu 300 m. Nama dusun ini dijadikan oleh KH Ma’shum Ali sebagai nama Pondok Pesantren yang akan didirikannya yaitu Pondok Pesantren Seblak.

Sejarah
Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Seblak (selanjutnya disingkat Pondok Seblak) berdiri di atas tanah seluas 8500 m2, berlokasi di dusun Seblak, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, sekitar 500 m. kearah barat Tebuireng. Pendirinya, KH. Ma’shum Ali, adalah menantu pasangan Kiai Hasyim Asy’ari-Nyai Nafiqoh, yang dinikahkan dengan putri pertamanya yang bernama Khoiriyah Hasyim. Kiai Ma’shum berasal dari Maskumambang, Gresik.
Pada awal pernikahannya, Kiai Ma’shum dan Nyai Khoiriyah tinggal bersama mertuanya di Tebuireng (ndalem kesepuhan).

Kiai Ma’shum ikut membantu sang mertua mengajar. Beliau pernah tercatat sebagai kepala sekolah pertama Madrasah Tebuireng. Setelah kelahiran putra pertamanya, pasangan ini mulai merintis tempat tinggal sendiri dengan membeli tanah di dusun Seblak (tahun 1926). Dipilihnya dusun Seblak karena dekat dengan Tebuireng, sehingga Kiai Ma’shum tetap bisa mengajar di sana. Pasangan Kiai Ma’shum-Nyai Khoiriyah memperoleh 6 putra dan putri. Namun lima orang meninggal sewaktu kecil, dan tinggal dua orang putri bernama Abidah dan Jamilah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.