Pesantren Darul Ulum Poncol, Magetan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Ulum Poncol, Magetan

Profil
Pondok Pesantren Darul Ulum Poncol bediri Pada Tahun 1986, yang didirikan oleh 3 Masayikh yaitu KH. Zainal Abidin, dan KH Ahmad Fathoni. Model pengajaran yang diterapkan ala pesantren salaf yaitu Sorogan, Madrasah Diniyah, Pengajian Weton, Hafalan dan lain-lain.

Pondok  Pesantren  Darul  Ulum menaungi pendidikan  agama  atau  lebih dikenal sebagai  Madrasah Diniyah maupun pendidikan formal mulai dari PAUD, TK, Madrasah  Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan SMA Ma’arif yang keseluruhannya memiliki lebih dari 400  siswa  yang  belajar  di  yayasan  pendidikan  Darul  Ulum  tersebut. Selain itu, sebagian siswa yang belajar di yayasan pendidikan formal juga bermukim  di  Pondok  Pesantren  untuk  menimba ilmu agama dengan mengikuti sekolah Diniyah yang berlangsung di Darul Ulum Poncol.

Selain itu terdapat lebih dari dua ratusan santri yang bermukim di makhad baik itu dari santri yang juga sekolah di pendidikan formal maupun yang
hanya belajar di pendidikan diniyah di pondok pesantren, diantaranya adalah santri putra dan selebihnya adalah santri putri.
Selain itu di pondok tersebut juga mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung tahlilan rutin yang dilaksanakan setiap malam jumat di rumah warga secara bergantian, selain itu setiap hari ahad wage di pondok pesantren tersebut diadakan perkumpulan muslimat NU  yang dihadiri oleh ibu-ibu  muslimat  yang  berasal dari masyarakat luar  maupun dalam desa Poncol.

Sejarah
Sejarahnya,  setelah KH. Qomaruddin yaitu salah satu perintis Pondok Pesantren Darul pulang dari Pondok Pesantren Gadon Ngawi pada tahun 1967-an beliau mulai merintis pengajian al-Qur’an atau yang lebih dikenal sebagai sorogan al-Qur’an di langgar (mushola) desa Poncol tersebut dengan dibantu oleh orang tua dan saudara-saudara beliau.

Kemudian pada tahun 1970-an keponakan dari KH Qomaruddin yaitu KH. Zainal Abidin kembali ke Poncol setelah menyelesaikan studi ilmu agama di  Pondok Pesantren Mbaron Nganjuk, pada tahun itu juga mulai dirintislah  pengajian santri dengan sistem Madrasah Diniyah, karena memang pada saat itu pengajian agama tersebut banyak diminati oleh masyarakat setempat.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1986 tepatnya tanggal 2 juli didirikanlah  Madrasah  Ibtidaiah  untuk  mengimbangi  pendidikan  formal yang berkembang  di  luar,  seperti  SD  yang  pada  saat  itu  mulai  ramai didatangi   oleh   murid-murid,   sehingga   dengan   didirikannya   Madrasah
Ibtidaiah tersebut bisa menjaga eksistensi keberadaan Madrasah Diniah di desa  Poncol.  Hal  ini  tentunya  mendapat  respon  yang  sangat  positif  dari masyarakat  sekitar,  meskipun  pada  saat  itu  ada  segelintir  orang  yangmenganggap  keberadaan  Madrasah  Diniah  ini  mengganggu  pendidikan formal seperti SD.

Kemudian pada tahun yang sama, tepatnya tiga bulan setelah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah KH. Ahmad Fathoni yang saat itu masih menimba ilmu di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri diminta pulang oleh kakaknya yaitu KH. Zainal Abidin untuk membantu mengajar Madrasah Diniyah dan pada  waktu itu dibentuklah suatu kepengurusan untuk mendirikan Pondok pesantren karena dirasa perlu untuk menampung santri-santri yang berasal dari luar daerah.

Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 1991 didirikanlah Madrasah Tsanawiyah yang disusul dengan didirikannya komplek Nurul Falah yang diasuh oleh KH. Marhaban Al-Hafidz yang dijadikan sebagai komplek para penghafal Al-Qur’an. Kemudian didirikan pula SMA Ma’arif pada tahun 2010  sehingga menjadikan yayasan Pondok Ulum menjadi lebih komplit untuk dijadikan tujuan belajar ilmu akhirat maupun ilmu dunia.

Pengasuh

  1.   KH. Qomaruddin
  2. KH. Zainal Abidin
  3. KH. Ahmad Fathoni
  4. KH. Marhaban Al-Hafidz

Baca juga :  Pesantren Hidayatul Mubtadiin Magetan

Pendidikan
Pendidikan Formal

  1. RA
  2. MI
  3. MTs
  4. SMA
  5. STAIM

​​Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah (MD)
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Pramuka
  2. Paskibra
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Basket
  5. Sepakbola
  6. Voli
  7. Futsal
  8. Sains Club
  9. English Club
  10. Arabic Club
  11. Hadrah
  12. Pencak Silat
  13. Badminton
  14. Tenis Meja
  15. Kaligrafi
  16. Marching Band


Hadrah di pesantren Darul Ulum

 


Pelatihan Komputer di pesantren Darul Ulum

Fasilitas
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Masjid
  2. Gedung asrama pondok
  3. Gedung sekolah
  4.  Lab. Bahasa
  5.  Lab. Komputer
  6.  Lab IPA
  7.  Ruang Perpustakaan
  8.  Ruang Multimedia
  9.  Perpustakaan
  10.  Sarana Olahraga 
  11.  Klinik/Poskestren
  12.  Aula
  13. Hotspot Area
     


Masjid di pesantren Darul Ulum


Gedung sekolah di pesantren Darul Ulum


Baca juga :   Pesantren Singo Walisongo Magetan

Alamat
Jl. Haji Samanhudi RT.14 / RW.05, Alastuwo, Poncol, Poncol, Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Kode Pos       :   63362
Telepon          :  0857-8444-6337
                            0813-9304-0612
                            0813-3572-2583

Email             :  darululumponcol@gmail.com

Untuk keterangan lebih lanjut dan tentang pendaftaran silahkan hubungi: https://www.darululumponcol.com/

KUNJUNGI JUGA

 
 
 
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.