Pesantren Al Balagh Lamongan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Balagh Lamongan

Profil

Pondok Pesantren Al Balagh ini terletak  di Desa Bulutigo Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. adalah satu satunya pesantren yang ada di Desa tersebut. Mula-mula dirintis oleh seorang kiai yang bernama Irsyad pada tahun 1880-1895 kemudian secara estafet dilanjutkan oleh masing masing, KH. Abd Fakih, KH. Yasin pada tahun 1895-1920, KH. Ahmad Raji 1920-1950, KH. Abdulloh Zawawi 1950-1969.

Pada periode tersebut, pesantren sering mengalami fakum- kosong, ketika pada pergantian pengasuhnya, barulah pada tahun 19970 pesantren ini aktif kembali dan diasuh oleh KH. Moh. Zainul Anam (Alumnus Pesantren Langitan Tuban Jawa Timur) yang kemudian diberi nama Al Balagh yang mana nama tersebut pemberian dari Al Mukarrom KH.Abd  Fakih Pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban jawa timur sekalipun pada mulanya  dengan dukungan Masyarakat yang separuh-separuh dan sarana gedung berlantai tanah berdinding bambu namun pesantren dari tahun ketahun sedikit demi sedikit semakin dirasa masyarakat akan manfaatnya maka pada tahun 1972 pesantren ini mendapat jariyah berupa sebuah rumahbekas cungkup kuburan dari salah seorang warga Desa setempat yang bernama H. Ihsan karna dirasa akan pentingnya pendidikan agama islam bagi masyarakat dan para santri, selanjutnya sangat diharapkan pesantren menjadi pusat kegiatan pendidikan Agama bagi masyarakat setempat dan sekitarnya.

Penyelenggaraan pendidikan bukan suatu hal yang mudah, tetapi memerlukan ketabahan, keuletan, ketelitian serta keberanianterhadap resiko yang dihadapinya. Sehubungan dengan pendidikan agama, dalam hal ini pesantren Al Balagh sejak berdiri hingga kini hanyalah mendapat uluran tangan dari warga desa setempat dan sekitarnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya