Pesantren Tamrinatul Wildan Banyuwangi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Tamrinatul Wildan Banyuwangi

Profil
Berawal KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah  mendirikan sebuah majlis pengajian kecil yang berada di Jl. KH. Ahmad Kholil Gg. IV dan V Canga’an Genteng Wetan Genteng Banyuwangi, yang diberi nama Jam’iyah Tamrinatul Wildan. Nama Tamrinatul Wildan diambil dari bahasa arab yang artinya latihan, sedangkan wildan artinya anak-anak/remaja.

Jadi arti dari Tamrinatul Wildan adalah tempat latihan untuk anak-anak dan remaja. Dengan harapan bisa melatih dan menjadikan santri yang mengerti agama dan menjadi alim ulama serta menunjukkan bahwa betapa sederhananya sang kiai. Majlis pengajian tersebut didirikan oleh KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah pada tahun 1964.

Beliau mendirikan majlis tersebut bersama adik iparnya dan para santrinya. Pada awalnya majlis tersebut diikuti oleh 8 anak dan remaja di sekitar Dusun Canga’an, mereka datang ingin belajar Al-Quran dan tata cara sholat. Sehingga atas dorongan warga setempat dan dukungan keluarga beliau mendirikan sebuah majlis pengajian.

Setelah didirikan majlis pengajian tersebut dari hari ke hari santri yang datang semakin banyak sehingga rumah KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah tidak cukup untuk menampung para santri tersebut. Sehingga beliau menjadikan gudang gabah milik orang tuanya sebagai tempat mengajar para santrinya.

Karena setiap hari santrinya semakin bertambah, sehingga pengurus Robithoh Ma’had Islamiyah (RMI) cabang Banyuwangi memberikan himbauan kepada KH. Imam Syuhada’ Abdul Fatah agar mengganti jamiyyah Tamrinatul Wildan dengan pondok pesantren. sehingga beliau meminta pendapat para pengurus dan dewan guru atas himbauan RMI. Maka disepakati pada tahun 1987 nama Jamiyyah Tamrinatul Wildan diganti menjadi Pondok Pesantren Tamrinatul Wildan.

Pengasuh

  1. KH. Imam Syuhada’
  2. Gus Ainur Rofiq

Pendidikan

Program Pendidikan
Pondok pesantren Tamrinatul Wildan, sebagaimana kebanyakan pesantren di pulau Jawa merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran model salafaiyah. Pengaturan kurikulumnya bersifat otonom yang tidak terikat dengan pihak lain.

1. Program pendidikan dan pengajaran di ponpes Tamrinatul Wildan terdiri dari: Madrasah Ibtidaiyah (5 tahun), Madrasah Tsanawiyah ( 3 tahun) , dan Madrasah Aliyah ,( 2 tahun ).Pada tingkat Ibtidaiyah materi yang banyak ditekankan adalah masalah akidah dan akhlak, sedangkan untuk tingkat Tsanawiyah ditekankan pada materi ilmu nahwu / sharaf dan ditambah ilmu fiqih, faroidl serta balaghah. Adapun Madrasah Aliyah merupakan pendalaman ilmu faroid, ushulul fiqh dan qowaidul fiqh. Serta ditambah dengan ilmu manteq ( ilmu logika ) dan ilmu arud ( sastra arab ).

2. Selain itu ada Majelis Bahtsul kitab Fathul Qorib dan Fathul Muin yang merupakan kegiatan bagi santri yang telah tamat Madrasah Aliah yang belum ingin boyong ke rumahnya.

3. Selain program diatas masih ada kegiatan ekstra yang harus diikuti oleh semua santri, meliputi latihan berorganisasi, baca tahlil, muhafadhah, dibaiyah, kaligrafi dll. Juga ada kegiatan bahtsul masail. Program yang terakhir ini adalah sebagai wahana untuk melatih dan mencetak kader-kader syuriyah dan tim bahtsul masail.

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an, Ta’limul Qur’an
  2. Qiroatul Qur’an bit Tartil Wat Taghonni
  3. Belajar al-Qur’an dengan Metode Yanbu'a
  4. Kursus Mu’allim Al Qur’an
  5. Pengajian Kitab Kuning
  6. seni Hadrah, khitobah
  7. Kursus Kaligrafi
  8. Kursus Komputer
  9. Kursus Bahasa Arab 
  10. Bahasa Inggris
  11. Seni Bela Diri.
  12. Ketrampilan Hidup/Kerja: Pertanian, Perkebunan, Perikanan.


Hadrah di pesantren Tamrinatul Wildan


Setoran kitab di pesantren Tamrinatul Wildan

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Asrama Pesantren
  3. Kantor
  4. Gedung Mengaji
  5. Lapangan
  6.  Koperasi santri
  7. Gudang
  8. Kamar mandi
  9. Aula
  10. Kantin


Gedung pesantren di pesantren Tamrinatul Wildan


Gedung pesantren di pesantren Tamrinatul Wildan

Alamat
Jalan KH Ahmad Kholil Gang IV dan V Canga'an, Genteng, Banyuwangi,  Jawa Timur

Kode Pos: 68465 
PO BOX 239

Telp. +62 333 844034

Email              :  Admin@pptw.co.cc


Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini:   https://tamrinatul-wildan.blogspot.com/

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 
 

Relasi Pesantren Lainnya