Pesantren Al-Hadi Girikusuma Demak

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Hadi Girikusuma Demak

Profil

Pondok Pesantren Al-Hadi didirikan oleh bapak KH. Muhammad Hadi membentuk sebuah lembaga pada 16 Rabiul Awal 1288 atau pada tahun 1836 M. Pada masa berproses menuntut ilmu beliau menuntut ilmu di Mekah bersama guru beliau bernama Syaikh Sulaiman Moh Zuhdi.

Dengan perkembangan serta berjalannya waktu pondok pesantren dibagi menjadi dua bagian yaitu pesantren toriqoh yang dipimpin oleh KH. Muhammad Zahid, dan pesantren kitab salafiyah dipimpin oleh KH. Muhammad Syiraj memiliki pesantren dengan bernama Pesantren Falahiyah dikarenakan mayoritas santri berasal dari keluarga petani.

Pada masa akhir kepemimpinan KH. Muhammad Syiraj digantikan oleh putera menantu beliau bernama KH. Sarqowi. Pada masa kepemimpinan beliau nama pesantren dirubah menjadi nama Pondok Pesantren Al-Hadi pada 4 februari 1928 dan Pesantren Toriqoh menjadi nama Pondok Pesantren Darul Falah secara resmi mendapatkan perizinan operasional dari pemerintah. Ketika akhir hayat KH. Sarqowi, estafet kepemimpinan Pondok Pesantren Al-Hadi diamanahkan kepada putera beliau bernama Kiyai Abdul Somad.

Pada tahun 1962 membentuk pendidikan pembelajaran  bernama Madrasah Diniyah Al-Hadi, tahun 1967 mendirikan Madrasah Wajib Belajar (MWB) atau setara dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI), sampai saat ini pesantren semakin berkembang dan kepemimpinan dilanjutkan kepada keturunan beliau bernama KH. Munhamir Malik. Terdapat berbagai macam lembaga pendidikan bernmula dari Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dengang menggunakan kurikulum pemerintah Kementerian Agama.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.