Ziarah di Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari, Datu Surgi Mufti Banjarmasin

 
Ziarah di Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari, Datu Surgi Mufti Banjarmasin

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syaikh Jamaluddin Al Banjari atau Tuan Guru Surgi Mufti beliau adalah ulama besar dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Syaikh Jamaluddin merupakan keturunan Datu Kalampayan (Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjary).

Sekembalinya ke tanah Banjar, Syaikh Jamaluddin Al Banjari dihadapkan dengan dua pilihan. Apakah ikut konfrontasi menghadap penjajah dan bergabung dengan pasukan Pangeran Antasari, atau memilih berdakwah meski harus ‘berkawan’ dengan Belanda. Pada tahun 1899, Syaikh Jamaluddin Al Banjari akhirnya memutuskan menjalankan dakwahnya setelah Belanda mengangkatnya sebagai mufti.

Jabatan mufti adalah jabatan penting pada masa itu, setara dengan menteri atau hakim. Putusannya adalah menjalankan syariah hukum Islam bagi warga Banjar. Tidak hanya itu, Syaikh Jamaluddin Al Banjari juga terkenal sebagai ahli falaqiyah (astronomi). Dialah yang memutuskan awal dan akhir Ramadhan, berdasarkan perhitungan hilal yang beliau kuasai. Bahkan urusan bertani di masa itu, kapan waktunya bercocok tanam yang baik, juga menjadi bidang yang dikuasainya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN