Pesantren Al-Hasani Kebumen

 
Pesantren Al-Hasani Kebumen

Profil
Pondok Pesantren Al-Hasani Kebumen yang beralamat di Jl. Pangeran Bumidirjo, Jatimulyo, Kebumen, berdiri pada tahun 1956 M, yang didirikan oleh Kyai H. Muhammad Hasan al-Hasani bin Syekh Abdul Hanan al-Hasani bin Syekh Abdul Mu'id al-Hasani.

Syekh Abdul Mu'id al-Hasani merupakan adik dari Syekh as-Sayid Ibrahim yang masyhur dengan nama Syekh Abdul Kahfi Tsani. Syekh Abdul Mu'id diutus oleh kakaknya untuk menempati Dukuh Karangduwur, Desa Jatimulyo, yang pada masa itu penduduknya masih abangan (biasa melakukan hal-hal musyrik), guna untuk syiar agama Islam. Di Dukuh tersebut, beliau mendirikan masjid sebagai sentral penyebaran agama Islam.

Sepeninggalnya Syekh Abdul Mu'id al-Hasani, perjuangan beliau diteruskan oleh putra-putrinya, diantaranya Syekh Abdul Hanan al-Hasani yang masyhur dengan nama Mbah Kromo. Beliau mempunyai anak bernama kyai H. Muhammad Hasan. Semasa mudanya kyai H. Muhammad Hasan, mengenyam pendidikan di berbagai pondok pesantren di Jawa, diantaranya PP Darussalam Watucongol asuhan Kyai Dalhar, PP Majenang, PP Somalangu.

Kata Gus Hary, Mbah Kromo dulu berkeinginan bahwa perjuanganya nanti diteruskan oleh anaknya yang bernama Kyai H. Muhammad Hasan al-Hasani, akan tetapi, kyai H. Muhammad Hasan al-Hasani menolak dengan baik i'tikad ayahnya dan memberi saran kepada ayahnya bahwa perjuangan ayahnya itu, lebih baik diteruskan oleh adik-adiknya.

Sepeninggalnya Kyai H. Muhammad Hasan al-Hasani, perjuangan beliau diteruskan oleh putra-putranya, diantaranya kyai H. Sufyan al-Hasani. Semasa mudanya kyai H. Sufyan al-Hasani, menyantri di berbagai Pondok Pesantren di Jawa, diantaranya PP Darussalam Watucongol, PP Lirboyo, PP Bendo, PP Cipari, Cilacap, asuhan kyai Iskandar. Beliau juga mendirikan perguruan silat Pagar Nusa di pesantrennya.


Pendidikan
Pendidikan Formal: 
1. SMP Miftahul Ulum
2. SMK Mutiara

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniah
2. Tahfidz Alqur'an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
- IPNU/IPPNU
- OSIS
- Pramuka
- PMR

Alamat
Jl. Pangeran Bumidirjo RT/RW. 02/03, Desa Jatimulyo, Kec. Kebumen, 54352, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Telepon: 0858-7902-0392
             0858-0244-4527

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.