Berziarah Makam Habib Ali bin Abu Bakar Al-Hamid Kusamba, Bali

 
Berziarah Makam Habib Ali bin Abu Bakar Al-Hamid Kusamba, Bali

Makam ini terletak Kp. Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Yang terletak di tepi pantai. Makam ini sangat dikeramatkan oleh penduduk setempat, baik umat Islam maupun Hindu.

Makam keramat ini terletak tidak jauh dari selat yang menghubungkan Klungkung dengan Pulau Nusa Penida. Desa Kusamba berada di jalan raya antara Klungkung dan Karangasem (Amlapura), dekat dengan Goalawah. Di depan makam dibangun patung seorang tokoh berserban dan berjubah menunggang kuda.

 

Sewaktu hidupnya, Habib Ali bin Abu Bakar Al-Hamid menjadi guru bahasa Melayu Raja Klungkung saat itu, Dalem I Dewa Agung Jambe. Waktu itu, beliau diberi seekor kuda untuk kendaraan pulang pergi antara Kusamba dan Klungkung.

Pada suatu hari, sewaktu Habib Ali pulang dari Klungkung dan sesampainya di Pantai Desa Kusamba, beliau diserang oleh sekelompok orang yang tidak dikenal dengan senjata tajam secara bertubi-tubi. Habib Ali yang masih berada di atas kudanya tewas tersungkur di tanah bermandikan darah. Akhirnya, jenazah Habib Ali dimakamkan di ujung barat pekuburan Desa Kusamba.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN