Pesantren An-Nawawi Berjan, Purworejo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren An-Nawawi Berjan, Purworejo

Profil

Pondok Pesantren An-Nawawi terletak di Dusun Berjan Desa Gintungan Kec. Gebang Kab. Purworejo. Pesantren ini pertama kali didirikan oleh al-Maghfurlah K.H. Zarkasyi (1830 - 1914 M.) pada tahun 1970 M. Kemudian dilanjutkan oleh putranya KH. Shiddiq (1914 – 1947 M.) dan KH. Nawawi Shiddieq (1947-1982 M.).
Kemudian sekarang diasuh oleh KH. Achmad Chalwani (1982 M.– Sekarang).

Di Pondok Pesantren ini selain mengembangkan dan membina pendidikan dalam bidang syariat juga dalam bidang tasawuf, yaitu melalui Thoriqoh Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah yang silsilahnya diperoleh KH. Zarkasyi dari Syech Abdul Karim Banten (Paman Syech Nawawi Al-Bantani) waktu belajar di Suq al-Lail Makkah al Mukarromah. Saat ini santri thoriqahnya telah menyebar bukan hanya di Jawa, namun telah sampai Sumatra, Kalimantan bahkan Malaysia.
.
Dalam menghadapi perkembangan zaman Pondok Pesantren An-Nawawi tahun 1998 membuka pendidikan formal, namun tetap mempertahankan nilai-nilai salafiyyah.
Dan saat ini telah mempunyai 8 Cabang.
1. Pertama adalah Pondok Pesantren induk yang meliputi: MTs An-Nawawi 01 Berjan, MA An-Nawawi 01 Berjan,
dan Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi (STAIAN) Purworejo, dengan 4 program studi, yaitu: Muamalah atau Ekonomi Islam, Akhwalu Syakhsyiyah, Perbankan Syari’ah dan Manajemen Pendidikan Islam.
2. Cabang ke-2 MA/ MTs. An-Nawawi Seren Salaman Magelang,
3. Cabang ke-3 MA/MTs An-Nawawi Kebumen

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.