Pesantren Al-Ikhsan Beji Banyumas

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Ikhsan Beji Banyumas

Profil

Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji berdiri pada tahun 1986. Dari waktu ke waktu keberadaan Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji semakin dikenal oleh masyarakat luas hingga ke luar daerah Kabupaten Banyumas, bahkan luar Jawa. Tidak sedikit santri dari luar daerah yang belajar dan  tinggal di Pondok Pesantren Al-Ikhsan, salah satu alasannya adalah adanya program pengembangan dwi-bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Keberadaan Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji sebagai lembaga pendidikan nonformal mengilhami para pendirinya untuk merintis lembaga formal, karena semakin banyak santri yang masuk pesantren ini adalah anak-anak usia sekolah. Maka, pada tanggal 21 Mei 1994 dibukalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhsan, yang waktu itu kegiatan pembelajaran berlangsung di Aula Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji yang letaknya di utara masjid pesantren setempat.

Setelah berjalan beberapa tahun muncul gagasan baru untuk mendirikan sekolah menengah tingkat atas (MA), dengan pertimbangan agar para santri yang mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji dapat melanjutkan sekolah tanpa harus keluar dari lingkungan Pondok Pesantren Al-Ikhsan Beji.

Sejarah
Kurang lebih 5 km, arah utara kota purwokerto, kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah terdapat sebuah pondok pesantren kecil, Al-Ikhsan namanya. Kurang genap dua tahun sejak berdirinya sudah menyerap beberapa jumlah santri, sehingga dari pihak pengasuh berusaha menambah bangunan gedung untuk menampung para santri yang saat ini berjejalan di dua kamar putra dan dua kamar putri.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.