Launching Buku “Nasionalisme Kaum Sarungan”

 
Launching Buku “Nasionalisme Kaum Sarungan”

JAKARTA  - Fakta sejarah berbicara bahwa peran santri cukup besar dalam perjuangan kemerdekaan. Bukti konkretnya salah satunya bisa dirujuk dalam opus As’ad Sihab berjudul “Allamah Muhammad Hasyim Asy’ari Wadhiu Labinati Istiqlalai Indonesia”. Demikian pengantar penulis buku “Nasionalisme Kaum Sarungan” Sekjen PBNU H. A Helmy Faishal Zaini saat peluncurannya di Gedung PBNU, Jakarta, Kamis (19/7)

Hadir dalam peluncuran buku sebagai narasumber Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Redaktur Pelaksana Kompas Muhammad Bakir dan Guru Besar Universitas Nasional Australia (ANU) Greg Fealy serta dimoderatori Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Masduki Baidlowi.

Dikatakan Sekjen, dalam buku biografis tersebut, jurnalis produktif itu memaparkan fakta bahwa sesungguhnya peletak dasar kemerdekaan bagi Indonesia adalah KH Hasyim Asy’ari. Semangat, strategi, dan motivasinya dalam usaha-usaha memerdekakan bangsa ini dari penjajah terbukti membangkitkan ”ruhul jihad”, terutama bagi kalangan pesantren kala itu.

Dalam pandangan Gus Mus, santri adalah siapa pun yang berakhlak, yang tawaduk kepada Allah, tawaduk kepada orang alim, dan melihat Tanah Air Indonesia ini sebagai rumah. Ada dua titik poin penting dalam tawaran definisi tersebut. Pertama, santri memiliki perilaku dan akhlak ritual serta sosial yang baik. Dalam bahasa yang lebih mudah, santri memiliki apa yang disebut sebagai kesalehan...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni
 

 

Tags