Mengenal Gus Dur dari Berbagai Sudut Pandang

 
Mengenal Gus Dur dari Berbagai Sudut Pandang

LADUNI.ID, Jakarta - KH. Abdurahman Wahid atau lebih di kenal dengan sebutan Gus Dur adalah cucu dari pendiri organisasi islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Seorang Ulama asal Jombang yang berpikir dan memiliki visi ke depan bahkan terkadang melampaui zamannya sehingga setiap langkah dan pikirannya sulit dipahami oleh masyarakat awam, beliau adalah seorang Cendikiawan Muslim yang menjadi panutan dan guru bagi banyak orang. Beliau bahkan pernah menjadi Presiden Republik Indonesia  ke-4 walau  hanya sebentar menggantikan BJ Habibie.

Gus Dur dalam satu sisi bersikap anti kompromi dan kadang membuat pusing orang-orang. Di sisi lain, banyolan atau humornya selalu dinanti karena bukan hanya mengocok perut, tetapi humor Gus Dur itu memiliki nilai-nilai filosofis. Mengenali Gus Dur adalah bagaimana mengenali seorang manusia dengan banyak segi, selain akrab dengan orang-orang segolonganannya, Beliau karib bagi orang-orang yang bahkan berseberangan.

Gus Dur bahkan ‘bersahabat’ baik dengan Soeharto, orang yang disebutnya sendiri pernah berusaha membunuhnya, semasa hidup hingga hayatnya berakhir Gus Dur adalah panutan yang tak tergantikan. Catatan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng menyebut tak kurang 1,5 juta orang setiap tahun berziarah ke makam Gus Dur. Mereka yang datang tak melulu nahdliyin namun berasal dari beragam latar belakang agama dan budaya. Bagi sebagian besar warga nahdliyin, Gus Dur derajatnya bahkan dianggap sama dengan para wali yang ngerti sadurunge winarah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN