Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Melobi Orang Tua Untuk Menikah ?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Melobi Orang Tua Untuk Menikah ?

Assalamu’alaikum mbak Nur,
Mbak, nama saya Dina, 23 tahun dari Semarang. Saya saat ini sedang bingung. Saya kan punya pacar, pacar saya berusia 25 tahun dan sudah serius. Saya agak bingung nih, gimana cara berbicara kepada kedua orang tua kami kalau kami ingin segera menikah. Orang tua pacar saya ingin agar dia menikah di usia di atas 27 tahun, sedangkan kami merasa bahwa kami telah siap menikah.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Dina di Semarang

Tanggapan :
Wassalamu’alaikum wr wb
Halo Dina…
Senang ya karena sudah memiliki calon suami yang serius. Hati juga sudah mantap, sehingga hasrat untuk menikah pun memuncak. Hal yang wajar jika kemudian bingung, membicarakan tentang pernikahan kepada kedua orang tua,  apalagi orang tua calon suami ingin anaknya menikah di usia di atas 27 tahun. Dina sayang, ingat ya ketika kedua orang tua merestui pernikahan kalian, in sya Allah, Allah juga meridhoi pernikahan kalian.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melobi orang tua.

Pertama, selalu bersikap baik dan berbakti kepada orang tua, tunjukkan kepada kedua orang tua bahwa kalian sudah dewasa baik dalam sikap dan mengambil keputusan.

Kedua, memperkenalkan pasangan dengan keluarga inti dan keluarga besar untuk menunjukkan keseriusan kalian.

Ketiga, tunjukkan kepada kedua orang tua bahwa kalian bisa bijak dalam hal keuangan.

Keempat, ceritakan kepada kedua orang tua tentang bahagianya teman-teman kalian yang telah menikah dan memiliki anak. Kamu juga bisa  menyampaikan betapa senang jika mengalami hal itu.

Kelima, sampaikan dengan baik dan bertahap bahwa Dina dan pasangan sudah siap untuk menikah. Calon suami Dina bisa menceritakan keuntungan-keuntungan menikah pada usia 25 tahun, misalnya termasuk sunah nabi menikah pada umur 25 tahun, masih produktif baik secara fisik, finansial dan kesuburan. O iya, jangan lupa pertimbangkan juga waktu, situasi, suasana hati orang tua dan tempat yang tepat saat berbicara ya. Selalu gunakan bahasa yang sopan dan memuliakan orang tua.


Selamat berjuang meraih restu kedua orang tua ya, semoga diberikan kemudahan.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun