Alhamdulillah, Korban Gempa di Lombok Telah Menerima Bantuan dari NU

 
Alhamdulillah, Korban Gempa di Lombok Telah Menerima Bantuan dari NU

LADUNI.ID, Lombok - Tim Kemanusiaan NU Jawa Timur telah berada di Lombok, Nusa tenggara Barat dan memastikan warga di sana memperoleh bantuan yang dibutuhkan. 

“Sampai dengan hari ini, bantuan dari PWNU Jatim berupa bahan pokok makanan, sarung, selimut, air mineral, tikar, dan terpal sudah terdistribusi tepat sasaran yakni mereka yang membutuhkan,” kata M Ghofirin, Ahad (12/8). 

Sejak berada di Lombok, Tim Kemanusiaan NU Jatim telah bergabung dengan tim untuk memastikan koordinasi dan aksi yang mendesak dilakukan bersama. Termasuk membagikan berbagai bantuan kepada korban gempa yang berada di sejumlah titik rawan.

“Bantuan telah kami sebar di 16 titik desa yang ada di Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Timur,” ungkapnya.

Secara rinci, M Ghofirin menyebutkan dusun atau desa yang mendapat bantuan dari NU Jatim. Dusun Lekok, Gondang, Gangga, Dusun Teluk Nere, Desa Malaka, Pemenang, Dusun Terengan Lauq, Pemenang, Dusun Monggal, Desa Genggelang, Gangga, Dusun Jeruju, Mumbul Sari yang semuanya di Kabupaten  Lombok Utara.

Untuk Kabupaten Lombok Barat yakni Desa Lingsar, Kecamatan  Lingsar, Desa Batu Layar, Baru Layar, Desa Sentong, Kayangan, Desa Selat, Narmada, Desa Tegal, dan Langko di Kecamatan Lingsar, serta Desa Teniga, Tanjung. Juga Dusun Montong Tangar, Desa Batukumbang, Lingsar.

“Kawasan Kodya Mataram adalah Desa Karang Puluh, Kecamatan Cakra Negara,” ungkapnya. Sedangkan Lombok Timur meliputi Dusun Medas, Desa Obel-obel, Sambelia, serta Dusun Bawaknao, Desa Sajang, Sembalun, lanjutnya.

Menurutnya, banyak hal yang dilakukan bersama tim gabungan. “Sejak kemarin sore sudah berdiri dapur umum yang menyediakan makanan siap saji dengan kapasitas dua ribu bungkus setiap harinya,” jelasnya. Dapur umum tersebut berada di Dusun Rangsot Barat, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, lanjutnya.

Secara khusus, M Ghofirin menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih atas kesigapan warga Jawa Timur dalam membantu saudara di Lombok. “Atas nama Relawan Kemanusiaan NU Jatim yang berada di lokasi bencana mengucapkan ribuan terima kasih atas segala bantuannya. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua,” pungkasnya.

Tim kemanusiaan  yang dibentuk PWNU Jatim hasil kerja bersama berbagai elemen di NU seperti TV9 Peduli, NU Care-LAZISNU, SERNU, LPBINU, LKNU, Asosiasi Rumah Sakit NU (Arsinu), Perkumpulan Dokter (PDNU), beberapa perguruan Tinggi NU antara lain Unisma, Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Unusa, Banser Cyber, Santricare dan sejumlah elemen lain.

Untuk dana, hingga kini telah terkumpul yakni dari rekening TV9 Peduli RP 145,778,948

dan LAZIZNU Rp. 260.204.600. Sehingga total donasi sebesar RP  405.983.548,- 

Masih terbuka kesempatan kepada para simpatisan untuk turut menyalurkan donasi melalui rekening #AksiBersama Tim Kemanusiaan NU Jatim lewat Rekening TV9 Peduli BCA 2582347272 dan NUcare Lazisnu Jatim BTN Syariah 7063066060.  (Sumber: NU Online)