Masjid Weizhou Cina Batal Dihancurkan Setelah Banyakya Protes

 
Masjid Weizhou Cina Batal Dihancurkan Setelah Banyakya Protes

LADUNI.ID, Beijing - Ribuan Muslim Cina melakukan aksi protes kepada pemerintah Cina, para pengunjuk rasa mulai berkumpul pada Kamis (9/8) lalu, pasalnya Pemerintah akan menghancurkan sebuah Masjid besar di kota Weizhou di wilayah Ningxia utara, Otoritas China Utara menunda rencana penghancuran sebuah masjid usai ribuan Muslim melakukan aksi protes untuk menghentikan pembongkaran masjid itu. Rencana ini merupakan upaya pemerintah nasional untuk memperketat pembatasan kegiatan keagamaan.

“Pemerintah mengatakan itu adalah bangunan ilegal, tetapi tidak. Masjid ini memiliki sejarah ratusan tahun,”kata seorang pemilik restoran bernama Ma, dilansir laman Channel News Asia, Ahad (12/8).

Dilaporkan, pada Sabtu (11/8) otoritas setempat membacakan sebuah dokumen yang isinya tentang penundaan pembongkaran Masjid Weizhou. Usai itu, para pemrotes yang duduk-duduk di depan masjid membubarkan diri.

Masjid Agung Weizhou merupakan masjid jami' di wilayah Weizhou, Ningxia. Masjid ini memiliki gaya arsitektur seperti timur tengah. Yakni memiliki banyak kubah dan menara. Rencananya, masjid ini akan dihancurkan secara paksa karena dianggap tidak memiliki surat izin yang tepat sebelum pembangunan.

Pemerintah setempat akan membiarkan masjid itu tetap berdiri asal kubahnya diganti dengan model pagoda agar sesuai dengan gaya China. Akan tetapi, para jamaah menolak tawaran itu.

“Jika kami menandatangani, kami menjual iman kami,” kata salah seorang jamaah masjid yang menolak menandatangani rencana pembangunan kembali masjid.

Islam merupakan satu dari lima agama yang diakui di China. Tercatat, ada sekitar 23 juta Muslim di seluruh wilayah negeri tirai bambu itu.

Kebijakan ‘sinifikasi’ yang dijalankan China tersebut semakin membuat banyak orang Hui khawatir. Mereka khawatir kebijakan ini akan semakin banyak menjangkau wilayah-wilayah Muslim di China lainnya seperti di Ningxia