Pesantren APTQ (Asrama Pesantren Ta'limul Quran) Gresik

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren APTQ (Asrama Pesantren Ta'limul Quran) Gresik

Profil 

Adalah sebuah lembaga independent yang terbuka bagi semua kalangan masyarakat ini bisa dikatakan relative masih muda, sebab dalam perjalanan sejarah pesantren ini baru diresmikan pada 31 Desember 1972 oleh pendirinya, Fadhilatul Muhtarom Al Mu’assis KH. Mas Abdurrohim Al Baqir.
 
Namun demikian dalam rentang sejarah yang pendek ini ternyata mampu mendorong APTQ menunjukkan jati dirinya sebagai sebuah Pesantren yang memiliki ciri-ciri dan karakteristik tersendiri, sebab disamping menyuguhkan pendidikan keagamaan secara teoritis dan metode serta materi yang bersifat salafiyah, juga memberikan pelatihan praksis, serta keterampilan lain.

Seperti pertanian, peternakan, penjahitan, pertukangan dan lainnya. Dengan demikian diharapkan seorang santri APTQ harus mampu menjawab tantangan tugas seorang muslim di masa depan dengan pedoman islami yang kokoh dan memiliki keprobadian islam yang mantap dan kuat.

Hal ini terbukti dengan berbagai karya nyata berupa bangunan semua komplek pesantren serta kebutuhan pesantren secara keseluruhan adalah merupakan hasil karya santri APTQ sendiri, dan sejumlah alumni APTQ yang mempu turut berperan besar dalam masyarakatnya.
Dengan izin Alloh ternyata ciri khas dan karakteristik tersebut masih tetap eksis sampai sekarang .

Pengasuh

  1. KH. Mas Abdurrohim Al Baqir

Pendidikan

A. Madrasah diniyah
a.       I’dadiyah
Pendidikan dasar setingkat sekolah dasar (SD) yang terdiri dari dua tingkat. Bagi para pemula. Dalam tingkat ini siswa mendapat bimbingan/pengawasan khusus serta kegiatan yang khusus pula, disamping diberikan pelajaran dasar ilmu fiqih praktis serta pengetahuan dasar lainnya juga pengetahuan umum, seperti matematika Dll.
b.      Awaliyah
Adalah tingkat pendidikan setingkat SMP, terdiri dari tiga tingkatan. Dengan diberikan materi yang sesuai dengan tingkatannya, dengan menggunakan kitab Turots. Seperti : Nahwu Wadih, Imrith, Syifaul jinan, Taqrib, Hadits dan lainnya.
c.       Wasathiyah
Merupakan sekolah lanjutan dari tingkat awaliyah, juga terdiri dari tiga tingkatan. Dalam tingkat ini siswa diberi penambahan kurikulum, seperti Balaghoh, Mantiq, Alfiyah, Faroid, Qowaid fiqih, Tafsir dan lain lain .
d.      Wajardikdas pesantren salafiyah (kejar paket A/B)
Merupakan program pendidikan pemerintah untuk pesantren salafiyah setingkat SD/SMP . agar para santri mendapat kesempatan yang sama dengan siswa MK (Madrasah Khosoh), yaitu pendidikan umum dan mendapat ijazah yang diakui sebagaimana SD dan SMP . hal ini agar santri juga mendapat kesempatan lebih luas dalam berkiprah di masyarakatnya .
e.      Madrasah khosoh (MK)
Madrasah khosoh ini diperuntukkan bagi siswa yang merangkap sekolah luar. Agar disamping siswa mem[elajari materi umum, juga punya kesempatan untuk mempelajari kitab kitab turots (kuno) . MK memiliki empat tingkatan da;am berbagai kegiatan yang sama dengan siswa lain, namun berbeda waktu agar tidak berbenturan dengan kegiatannya di luar pesantren.
 
B. Madrasah Al-Qur’an
 
  • Bin-nadhor (Fashohah)
Para santri dari semua tingkatan diwajibkan mengikuti madrasah Al-Qur’an Binnadhor. Agar mampu membaca Al-Qur’an dengan fasis dan lancer serta tartil. Madrasah ini harus diikuti paling sedikit selama satu tahun atau lebih.
 
  •        Bil-hifdzi (Tahfidzul Qur’an)
Madrasah ini terbuka bagi semua santri dari semua tingkatan, dengan syarat bahwa mereka telah lulus dari tingkat Bin-nadhir (sudah fasih dalam baca Al-Qur’an). Madrasah ini tidak ada biaya tambahan bagi siswa yang merangkap madrasah diniyah.


Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur'an (Menghafal Al-Qur'an).
  2. Pelatihan Bahasa Arab
  3. Pelatihan Bahasa Inggris.
  4. Tamrinul Khitabah (Latihan Pidato).
  5.  BimbinganTilawah
  6.  Barzanji
  7.  Perbengkelan/Otomotif
  8.  Olahraga
  9.  Qasidah/Group Vokal
  10.  Teater/Tari
  11.   Drumband
  12.  Ketrampilan Hidup:  Pertanian, Peternakan, Pertukangan, Menjahit, Computer, Sablon, Bangunan, Produksi ( jamu, tahu, tempe, kerupuk)


 



Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor
  15. Kantin
     


 

 

Alamat

Jl. Raya Bungah No.35, Area Sawah/Kebun, Bungah, Kec. Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Kode Pos: 61152

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.