Ilham Habibie: Ini Tantangan dan Kendala Startup di Indonesia

 
Ilham Habibie: Ini Tantangan dan Kendala Startup di Indonesia

Laduni.id, Jakarta, Pada era disrupsi teknologi saat ini, kemunculan perusahaan rintisan (startup), yang mengubah model bisnis yang sudah lama berjalan, banyak terjadi, bukan hanya di Indonesia, namun juga di negara lainnya.

Trend kemunculan perusahaan startup masih tergolong baru, pendiri organisasi Berkarya Indonesia Ilham Habibie menilai perusahaan rintisan di Indonesia memiliki berbagai tantangan, salah satunya adalah mengenai pendanaan.

“Beberapa tantangan startup terkait pendanaan, harus ada persiapan dan sikap,” kata Ilham saat acara “Startup Ecosystem of Indonesia Emerging Trends” di Jakarta, Rabu minggu lalu (8/8/2018).

Kendala lain menurut Ilham adalah mengenai sumber daya manusia (SDM). Menurutnya kualitas SDM Indonesia, antara lain keterampilan dan bakat masih dipertanyakan, namun dia mempertanyakan apakah kualitas tersebut masuk kualifikasi yang dibutuhkan startup.

Terkait SDM, menurut Ilham bukan hanya soal menghasilkan lulusan di bidang teknologi informasi, tetapi juga menghasilkan orang-orang yang berpengalaman.

“Dalam startup, yang diperlukan adalah orang-orang berpengalaman,” katanya.

 

 

Tags