Google Sudah Didik 1 Juta UKM Indonesia untuk Go Online

 
Google Sudah Didik 1 Juta UKM Indonesia untuk Go Online

LADUNI.ID-JAKARTA-Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami mengatakan Google Indonesia sudah mendidik satu juta pelaku UKM untuk mau beralih menggunakan teknologi dalam membantu usaha mereka. Pendidikan itu menurut Veronica bertujuannya tak lain untuk memigrasi pelaku UKM ‘tradisional’ ke sistem berbasis online. Hal ini tentu akan lebih mendukung produktivitas usaha mereka.

“Kami memberikan pelatihan dengan kombinasi antara pelatihan langsung dan program pelatihan digital bertajuk Gapura Digital dan Womenwill,” ujarnya di jumpa pers di Jakarta, Kamis (8/9).

Menurut Veronica, Gapura Digital merupakan pelatihan yang dapat diikuti oleh siapa saja secara gratis untuk belajar tentang berbagai keterampilan penggunaan teknologi online. Mulai dari cara membuat website, hingga pelatihan tentang digital marketing. Sementara Womenwill lebih menitikberatkan pada kaum perempuan untuk turut menjadi wirausahawati serta memajukan bisnis mereka dengan bantuan internet.

“Pelatihan ini adalah upaya kami mendorong pelaku UKM untuk go online. Dengan memanfaatkan internet, mereka akan merasakan pemasaran produknya yang lebih luas lagi ketimbang masih offline. UKM yang go online lebih cepat maju sebesar 80 persen dibandingkan tidak online,” kata Veronica.

Menurut Veronica pelatihan terhadap pelaku usaha UKM bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Adapun kerja sama tersebut berlangsung melalui sebuah program ‘Sahabat Go Digital’. Tidak hanya menyediakan pelatihan keterampilan digital dalam menjalankan UKM miliknya, para pelaku UKM nantinya juga akan diberikan pelatihan tambahan. Karyawan Google akan memberikan pelatihan langsung selama 3 bulan kepada kelompok UKM terpilih yang memiliki potensi untuk melebarkan target pasar yang lebih luas dan menjangkau pelanggan dari luar negeri.

Sementara itu Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Gati Wibawaningsih menyebut, kerja sama dengan Google dalam mendigitalkan pengusaha kecil merupakan ide yang sejalan dengan program pemerintah dalam hal ini Industri 4.0. Lebih lanjut dia menambahkan pelaku usaha yang sudah go online, secara tidak langsung mereka telah lebih dekat kepada masyarakat yang saat ini sudah melek teknologi. 

"Harapannya tentu dari masyarakat yang sudah dekat dengan teknologi akan mencari apapun lewat internet. Nah, dari sana kemudian pelaku UKM bisa semakin dekat dengan konsumennya,” ujar Gati Wibawaningsih.