Bagaimana Memilih Capres-Cawapres? Ini Kata KH Afiduddin Muhajir

 
Bagaimana Memilih Capres-Cawapres? Ini Kata KH Afiduddin Muhajir

Pandangan-pandangan dan pemikiran Ulama yang satu ini selalu ditunggu terutama oleh kaum santri dan warga NU. Sikap politiknya Pada Pilgub Jawa Timur beberapa waktu lalu cukup berpengaruh dalam mengantarkan kemenangan pasangan Khofifah- Emil. Hal itu menjadi bukti bahwa Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo dan mantan Katib Syuriah PBNU itu cukup diperhitungkan dalam penentukan arah dan pilihan politik masyarakat khususnya kaum sarungan (santri) dan nahdhiyin.

Lalu, bagaimana dengan Pilpres 2019?. Tak sedikit yang menunggu sikap politik sosok yang akrab disapa Kiai Afif itu. Dikutip dari akun facebook pribadinya, pengarang kitab Fathul Mujibul Qorib dan penulis sejumlah buku itu mengaku belum bisa menentukan pilihan. Kendati begitu Ia mengungkap beberapa kretia pilihannya pada Pilpres 2019 nanti.

“Bagi saya menghadapi pilpres 2019 tdk seperti menghadapi Pilgub Jatim yg telah selesai dilaksanakan beberapa minggu yg lalu. Dalam menghadapi pilgub jatim, begitu saya tahu bahwa ibu Khafifah Indarparawansa akan maju sebagai Cagub saya langsung mendukungnya. Sementara dalam menghadapi Pilpres 2019 sampai detik ini saya belum bisa menentukan pilihan. Yang hadir dalam pikiran saya saat ini baru kriteria2.”, tulisnya.

Selanjutnya, Kiai Afif menyebutkan lima kreteria Capres dan Cawapres yang akan menjadi pilihannya pada Pilpres 2019 nanti.

“Dalam pikiran terlintas bahwa saya harus mendukung Pasangan Capres-Cawapres yg menurut dugaan kuat saya lebih bisa :

1. Menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).
2. Mewujudkan keadilan, kemakmuran dn kesejahtraan lahi-batin.
3. Mengawal moral bangsa Indonesia.
4. Membentengi Islam Ahlussunnah wal-jama’ah.
5. Meningkatkan posisi pesantren secara kelembagaan sehingga tdk lagi menjadi anak tiri (krn sy org pesantren)”, ungkap Kiai kelahiran Sampang, Madura itu.

Bagaimana dengan anda?, Apakah isyarat Kiai Afif ini cukup menjadi petunjuk untuk menentukan pilihan anda pada Pilpres 2019 mendatang?. Pilihan anda akan menentukan nasib bangsa, NU dan Pesantren ke depan.